10 Tips Sukses Tidur Bagi Penderita Insomnia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari adalah penting untuk kesehatan kita. Bagi sebagian orang, perihal tidur menjadi masalah sehingga berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup mereka. Berikut tips agar sukses tidur di malam hari:

Tetapkan jadwal tidur: pergilah ke kamar tidur atau bed dan bangun pada jam yang sama tiap hari.

Latihan fisik (olahraga): Cobalah berolahraga minimal 30 menit dalam sehari, tetapi jangan 2-3 jam sebelum waktu tidur.

Hindari kafein dan nikotin (rokok): Keduanya merupakan stimulan, yang justru akan membuat Anda susah untuk tidur. Kafein biasa terdapat pada kopi dan cola. Hindari pula alkohol.

Hindari makan dan minum dalam jumlah yang banyak pada malam hari: Makanan yang sangat banyak dapat mempengaruhi proses mencerna dan berhubungan dengan tidur. Minum terlalu banyak pada malam hari akan membuat Anda sering terbangun untuk buang air kecil.

Rileks sebelum menuju ke kamar tidur: Buatlah diri Anda menjadi rileks, lakukan aktivitas yang dapat membuat Anda rileks sebelum menuju tempat tidur.

Mandi air hangat sebelum tidur: Penurunan temperatur tubuh setelah mandi dapat membuah Anda menjadi mengantuk. Mandi dapat membuat Anda menjadi lebih rileks.

Buat lingkungan nyaman untuk tidur:bebaskan apapun yang dapat menganggu atau mendistraksi Anda untuk tidur. Kegaduhan, cahaya yang terang, televisi atau komputer yang menyala, jauhkan juga gadget dari tempat Anda tidur.

Jika Anda masih terjaga (belum tidur) setelah 20 menit diatas tempat tidur, beranjaklah dari tempat tidur dan lakukan aktivitas relaksasi. Kecemasan akan tidak dapat tidur justru akan membuat Anda semakin susah untuk tertidur.

Jangan tidur setelah jam 3 sore. Tidur siang dapat meningkatkan brain power kita, tetapi tidur setelah jam 3 sore dapat membuat Anda susah untuk tertidur di malam hari.

Datanglah ke dokter jika Anda masih mengalami kesulitan tidur setelah mencoba langkah-langkah diatas.

Semoga masalah tidur Anda dapat teratasi, dan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga dapat kembali produktif dan menjalani hidup yang berkualitas.

Penulis: Mukhamad Sunardi, S.Ked (Dokter Muda FK UGM- RSUP Dr. Sardjito)

Reerensi:

Your Guide To Healthy Sleep.2011. National Heart Lung and Blood Institute. U.S Department of Health and Human Services. National Institute of Health.

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

 

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.