Ada Kanker Di Ketiak Tetapi Tidak Mau Kemoterapi

kanker limfoma non-hodgin

Pertanyaan,

Assalamua’alaikum,  Saya pada januari 2012 operasi karena ada pembengkak kan pada ketiak, setelah di operasi, menurut hasil labor saya terkena penyakit kanker limphoma non-hodgkin dan harus di kemotherapi, tetapi keluarga tidak setuju, yang mau saya tanyakan, apakah ada pengobatan penyakit saya tersebut selain kemotherapi ? Dan apakah penyakit saya tersebut bisa di sembuhkan ?

Jawaban:

Non Hodgkin Lymphoma (NHL) atau nama lainnya Limfoma malignum merupakan kanker ganas sel darah putih, gambarannya bisa menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh, misalnya pada leher, ketiak, lipat paha, jaringan  lemak perut (mesenterium),sekitar jantung dan lain-lain. Kelenjar ini bisa membengkak sebagaimana pada ketiak anda karena kelenjar bekerja berat memproduksi sel-sel darah putih yang banyak akibat kanker ganas.

Alhamdulillah NHL termasuk kanker ganas yang ada kemungkinan sembuh, berbeda dengankanker ganas yang lain yang umumnya prognosanya buruk dan bisa menyebabkan kematian.

Ada beberapa cara pengobatan dan terapi NHL. Biasanya disesuaikan dengan diagnosis dari beberapa faktor seperti apakah pernah kambuh, stadium berapa, umur, kondisi badan, kebutuhan dan keinginan pasien.  Pengeobatan yang bisa ditempuh:

1.kemoterapi

untuk merusak dan membunuh semua sel limfoma di seluruh tubuh dengan Sasaran semua sel yang membelah dengan cepat.

2. terapi antibodi monoklonal

Ayang dipakai adalah rituximab, dengan tujuan mengahncurkan sel secara khusus dan tidak menganggau sel yang lain. Ini berbeda dengan kemoterapi

3. terapi radiasi

Biasanya radioterapi dikombinasikan dengan kemoterapi. Digunakan tunggal jika penyakitnya hanya pada satu atau dua daerah tubuh

4. transplantasi

Yaitu mengganti  sel-sel induk yang baru, melalui proses pembedahan dan biasanya dikombinasi dengan kemoterpai dan radioterpai. Sel induk bisa dari orang lain (alogenik) atau dari tubuh pasien sendiri  (Otologus)

Dari beberapa terapi tersebut, anda silahkan konsultasi kepada dokter khusunya spesialis hematologi-onkologi. Dokter akan membimbingan anda untuk memilih terapi terbaik dan sesuai dengan keadaan penyakit.

 

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 

 

silahkan like fage Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

dr. Raehanul Bahraen

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

View all posts by dr. Raehanul Bahraen »

Leave a Reply