Adab-Adab Bersabar di Saat Sakit

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Saudaraku yang mulia, ingatlah sesungguhnya sakit yang engkau derita adalah pembersih dosa. Kesabaranmu menahan penderitaan dan rasa sakit adalah pondasi agar engkau mendapat pahala dari-Nya. Sesungguhnya Allah tidak mengujimu melainkan untuk melihat kesabaranmu lalu memberi ganjaran pahala kepadamu, sebagaimana firman Allah Ta’ala.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّى نَعْلَمَ الْمُجَاهِدِينَ مِنْكُمْ وَالصَّابِرِينَ [محمد: 31]

Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu.” (Muhammad: 31)

Allah Ta’ala juga berfirman,

 [وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ [البقرة: 155

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berilah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 155)

Dari Anas Radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مِنْ عِظَمِ الْبَلَاءِ، وَإِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلَاهُمْ، فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا، وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ» [رواه الترمذي

Sesungguhnya besarnya balasan tergantung beratnya ujian. Dan sesungguhnya apabila Allah mencintai suatu kaum maka Allah menguji mereka. barangsiapa ridha maka dia mendapat  keridhaan (dari Allah). Dan barangsiapa marah maka dia mendapat kemarahan (dari Allah)”. (HR. Tirmidzi)

Kesabaranmu atas musibah sakit bisa terwujud dengan tiga syarat:

Pertama: Engkau jangan marah selamanya, dan jangan engkau ceritakan keadaan dirimu dengan keluh kesah dan kemarahan. Hal ini mengharuskanmu untuk berbaik sangka kepada Allah, dan hendaklah engkau ridha dengan pemberian Allah kepadamu.

Kedua: Hendaklah engkau menahan diri agar tidak mengadu kepada siapapun kecuali kepada Allah saja.

Ketiga: Hendaklah engkau menjaga seluruh aggota tubuhmu dari perbuatan yang berpotensi menghilangkan dan membatalkan kesabaran.

 

Diambil dari buku : Nasihat Indah Untuk Orang Sakit

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

Share.

About Author

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Alhamdulillah di sela-sela kuliah bisa ikut belajar Bahasa Arab di Madrasah Imam Ahmad bin Hambal Semarang. Aktivitas saat ini sebagai dokter umum di RSUD Propinsi di Sumbawa Besar dan aktif menulis artikel kesehatan Islam.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.