Amankah Ibu Hamil Naik Pesawat ?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Tanya :

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Dok, usia kandungan istri saya 20 minggu. Apakah aman untuk naik pesawat? Syukron atas jawabannya.

Jawab :

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.

Menurut American Collegeof Obstetrician and Gynecologyst (ACOG), suatu organisasi dokter kebidanan di amerika, perjalanan sesekali aman bagi wanita sampai usia 36 minggu dengan syarat tidak ada kelainan penyerta atau penyakit lainnya pada ibu hamil. Tidak dianjurkan jika lebih usia kehamilan lebih dari 36 minggu.  Karena ditakutkan terjadi masalah kesalahan hitung hari dan perkiraan bulan sehingga berisiko pasien melahirkan di pesawat. Melahirkan di pesawat tentu sangat berisiko karena risiko pendarahan yang terjadi dan penanganan yang sulit jika di pesawat terbang.

Adapun jika sangat terpaksa harus naik pesawat perlu diketahui  jarak usia paling baik adalah 18 minggu sampai 24 minggu dikarenakan risiko keguguran akan jauh lebih berkurang. Akan tetapi perlu menjadi peringatan jika kehamilan tersebut ada kelainan seperti tekanan darah tinggi, preeklamsi, diabetes, sampai kelainan letak plasenta. Karena ditakutkan mudahnya pendarahan dikarenakan guncangan. Selain itu perlu melaporkan kepada pramugari agar diajarkan bagaimana memakai sabuk pengaman dan cara duduk yang benar bagi wanita hamil. Akan tetapi perlu dipertimbangkan kembali dan dikonsulkan ke dokter kandungan yang memeriksa untuk mengetahui layak atau tidaknya terbang. Karena risiko akibat guncangan dan beberapa hal yang dapat menyebabkan keguguran. Allahu’alam bishowab

Dijawab oleh : dr. Purnamandala

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.