Apa itu Ankilosing Spondilitis?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Assalamualaikum wr wb Dokter saya mau bertanya…! Saya sering sakit pinggang bagian kiri sakitnya sampai pantat juga kaki jika berjalan pasti sakit . Terkadang sakit nya terasa sampe perut bagian kiri.. Kalau pas bangun tidur atw malam hari pasti sakitnya lebih berasa.. Saya kebetulan ada dikorea saya coba berobat dirumah sakit yg ada dikorea bahkan saya sudah diperiksa di MRI ternayata katanya bantalan tulang nya tidak ada 2.. Katanya itu penyakit “disc” apa itu disebabkan krna apa .? Terus langkah pengobatan nya bagaimana dok…? Terima kasih dok.. Saya harap ini di bls saya soalnya masih berada di korea saya kurang paham bahasa kedokteran di korea.. Wassalam

Jawab

Wa’alaikumsalaam wa rohmatullaahi wa barokaatuh

Gangguan kesehatan yang dideskripsikan oleh Anda mengarah kepada suatu penyakit yang disebut ankilosing spondilitis yang ditandai dengan terjadinya degenerasi/penghancuran bantalan antar tulang belakang. Penyebab dari penyakit ini belum diketahui secara pasti namun beberapa literatur menyebutkan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi munculnya penyakit tersebut yakni faktor genetik, faktor sistem imunitas tubuh dan faktor lingkungan.

Untuk pengobatan terhadap gangguan kesehatan tersebut Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri dengan potensi yan cukup tinggi dan obat anti inflamasi berupa tablet atau krim untuk meredakan rasa nyeri yang Anda rasakan untuk sementara waktu. Untuk pengobatan lebih lanjut Anda dapat mengunjungi dokter spesialis ortopedi atau dokter spesialis penyakit dalam konsultan rheumatologi untuk berkonsultasi.

Jangan lupa untuk terus berdoa dan bertawakkal kepada Allah subhaanahu wa ta’aalaa dalam menghadapi gangguan kesehatan yang Anda alami. Demikian penjelasan singkat tentang jawaban dari pertanyaan yang Anda ajukan.

Dijawab oleh: dr. Henri Perwira Negara

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.