Apa Saja Perubahan yang Terjadi Saat Masa Nifas?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Masa puerperium atau nifas merupakan masa dimana terjadi perubahan baik anatomi (bentuk dan struktur fisik tubuh) maupun fisiologi (mekanisme kerja organ secara normal). Dari kehamilan kembali ke keadaan tidak hamil, meski tidak sepenuhnya kembali semula karena pasti tidaklah sama. Masa nifas ini terjadi berkisar 6 minggu setelah persalinan.

Perubahan yang terjadi antara lain, kembalinya ukuran organ genital (mengecil kembali) yang sebelum telah dilewati sebagai jalan lahir saat persalinan normal, kembalinya menstruasi, kembalinya fungsi sistem jantung dan pembuluh darah, serta fungsi fisiologi (Perubahan ukuran rahim, perubahan rasio cairan dan kekentalan darah, penurunan berat badan).

Perubahan ukuran rahim setelah persalinan dimulai dari segera setelah persalinan yakni seberat 1000 gram, menjadi 500 gram seminggu setelahnya, kemudian mengecil menjadi 300 gram pada akhir minggu kedua setelah persalinan dan akan mengecil kembali sampai rahim berukuran 100 gram atau kurang dari itu. Disamping perubahan ukuran rahim, sel-sel otot dalam rahim juga akan mengalami penurunan ukuran, juga lapisan yang terdapat pada rahim sisi dalam (desidua basalis).
Selain perubahan diatas, perubahan lain yang terjadi dalam masa nifas termasuk terjadinya perubahan warna sekret cairan (lochia) yang keluar dari organ genital, mulai dari lochia rubra atau kemerahan terjadi beberapa hari pertama setelah persalinan, kemudian berubah menjadi lochia serosa (warna sekret menjadi pucat, tidak lagi kemerahan) yang terjadi pada 3 sampai 4 hari setelah persalinan, sedangkan lochia alba (sekret berwarna putih kekuningan) terjadi setelah sepuluh hari dari hari persalinan. Lochia tersebut menetap sampai empat minggu dan dapat berhenti sampai hari ke-56 setelah persalinan.

Kembalinya struktur dinding perut juga terjadi selama masa nifas yang juga perlu didukung dengan latihan fisik untuk dapat kembali semula. Umumnya membutuhkan waktu dalam beberapa minggu.

Demikian uraian singkat perubahan yang terjadi selama masa nifas. Semoga bermanfaat.

Penulis: dr. Mukhamad Sunardi

Share.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.