Apa ya, Hubungan kista dengan menstruasi tak teratur?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Assalamualaikum, afwan, saya seorang gadis usia 25th (blm menikah). Setahun yg lalu saya menjalani pemeriksaan kista trnyta sudah berukuran 3,5 stlah stahun kemudian kista saya mengecil jadi 3 cm. Menstruasi saya tidak lancar kdang 2 hari kdang 3 hri stlahnya hanya flek2 yg sngat sdkit skali, apakah itu trjadi krna kista saya dok? Dan apa yg harus saya lakukan agar menstruasi saya normal kembali?”

 

Jawab:

 

Wa’alaikumsalam wa rohmatullahi wa barokatuh

Menstruasi tidak teratur banyak sebabnya. Diantaranya adalah gangguan hormonal atau ada penyakit struktural di rahim. Penyakit struktural di rahim yang dapat mengganggu siklus menstruasi diantaranya adalah mioma uteri, endometriosis atau kista di ovarium. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebab pasti gangguan menstruasi.

 

Untuk kista sendiri jenisnya bermacam-macam, dari kista yang jinak (tidak berbahaya) sampai ganas sehingga pengobatan  tergantung jenis kista. Ada jenis kista yang dapat hilang sendiri atau ada pula kista yang tidak dapat hilang sendiri sehingga membutuhkan tindakan bedah untuk menghilangkan kista.

 

Salah satu jenis kista jinak adalah kista folikel. Kista ini berasal dari folikel di ovarium yang tidak berkembang sebagaimana mestinya. Folikel yang seharusnya mengecil malah membesar menjadi kista. Cairan dalam kista mengandung estrogen sehingga menyebabkan gangguan haid. Kista folikel ini mengecil dan hilang spontan.  Jika diameter kurang dari 5 cm, dapat ditunggu dahulu karena kista folikel dalam 2 bulan hilang sendiri.

 

Saran kami, segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan. Agar dapat ditentukan jenis kista dan penanganan lebih lanjut sesuai jenis kista yang ditemukan. Jika masalah kista sudah teratasi, dan tidak ditemukan penyebab gangguan menstruasi yang lain  Insya Allah menstruasi akan kembali teratur.

 

Dijawab oleh: dr. Muhammad Zulfahmi Akbar

 

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

1 Comment

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.