Apakah Donor Darah Mendapat Pahala ?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pertanyaan :

Apakah orang yang mendonorkan darahnya mendapatkan pahala? Apakah dia termasuk dalam firman Allah Ta’ala, “ Dan Barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” ? (al-Maidah: 32)

Jawaban :

Donor darah belum begitu dikenal pada zaman dahulu. Oleh karena itu dokter-dokter zaman dahulu tidak menyebutkan suntikan darah ke dalam pembuluh darah. Donor darah baru dikenal dalam kedokteran modern.

Tidak diragukan lagi manfaat dan pengaruh donor darah bagi orang sakit, oleh karena itu pengobatan dengan donor darah telah izinkan dan sudah sangat terkenal.

Tidak diragukan orang yang mendonorkan sebagian darahnya diharapkan akan mendapatkan pahala selama tidak membahayakan dirinya untuk menyelamatkan orang sakit yang kekurangan darah, di mana darah yang didonorkan itu menjadi sebab kesembuhan atau minimal meringankan penyakit. Semoga dia termasuk  dalam ayat yang telah disebutkan di atas apabila kesembuhan pasien tergantung pada darah yang didonorkan itu dengan seizin Allah Ta’ala, meskipun tidak sedikit ulama yang berfatwa melarang pengobatan dengan darah. Mereka beralasan darah itu najis dan haram, dan mereka berhujjah dengan hadits, “Sesungguhnya Allah tidak menjadikan kesembuhan ummatku pada sesuatu yang diharamkan atas mereka.”

Namun karena donor darah telah diteliti dan bermafaat, dan padanya tidak terdapat najis yang dicampur secara langsung, beberapa ulama kontemporer  menganjurkannya dan mereka memasukkannya dalam bab fiqih ‘Darurat’, atau termasuk pengobatan yang bermanfaat karena tidak nyata keharamnnya. Wallahu a’lam.

[Fadhilatus Syaikh al-’Allamah Ibnu Jibrin Rahimahullah]

 

Sumber            :  Al-Ajwibatun Nafi’ah Lil ‘Amiliin fil Majaalit Thibbi

Penulis             : Ibrahim Ismail Ghanim (Abu Abdirrahman)

Penerjemah      : dr. Supriadi

 

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Share.

About Author

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Alhamdulillah di sela-sela kuliah bisa ikut belajar Bahasa Arab di Madrasah Imam Ahmad bin Hambal Semarang. Aktivitas saat ini sebagai dokter umum di RSUD Propinsi di Sumbawa Besar dan aktif menulis artikel kesehatan Islam.

Leave A Reply