Apakah Nyeri Haid Berpengaruh Terhadap Kesuburan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pertanyaan:

saya sering merasakan sakit pada saat mens… sakit seperti perutnya di remas remas tp tidak terlalu melilit namun cukup membuat tubuh lemas. apakah itu berbahaya? apakah jg berpengaruh terhadap kesuburan ? makasih

jawaban:

Nyeri haid disebut juga dismenorea.Hampir semua wanita mengalami rasa tidak enak di perut bawah sebelum dan selama haid, seringkali juga disertai rasa mual. Dalam medis istilah dismenorea dipakai untuk nyeri haid yang hebat sehingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan aktivitasnya untuk beberapa jam atau beberapa hari.
Dismenore dibagi menjadi

1. Dismenorea primer

Adalah nyeri haid tanpa disertai kelainan organ kewanitaan yang nyata. Nyeri ini timbul menjelang atau bersamaan dengan haid. Banyak teori dikemukakan mengenai penyebab dismenore primer ini tetapi patofisiologinya belum diketahui secara pasti. Faktor faktor yang mempengaruhi dismenore diantaranya adalah faktor endokrin dimana saat haid hormon estrogen dan progesteron rendah.Penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron menyebabkan endometrium memproduksi prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot polos pada rahim untuk mengeluarkan darah haid dari rongga rahim ke vagina. Kontraksi yang terlalu keras menyebabkan kram atau nyeri perut yang sangat. Efek lain dari prostaglandin ini bisa pula diare,pusing, dan muntah. Faktor psikologis juga bisa menjadi pemicu dismenore yaitu pada gadis gadis yang secara emosional tidak stabil dan memiliki ambang nyeri yang rendah maka mereka lebih rentan mengalami dismenorea.
2.dismenorea sekunder

yaitu dismenorea yang disebabkan kelainan organ organ kewanitaan seperti rahim, indung telur dan penggantung rahim dsb.
Batas perbedaan antara dismenore sekunder dan primer tidak begitu nyata jika dinilai dari keluhan penderita saja. Oleh karena itu butuh pemeriksaan lebih dalam terhadap penderita. Anda dapat memeriksakan diri dan berkonsultasi lebih jauh ke dokter umum atau dokter spesialis kandungan.
Beberapa tips untuk mengurangi nyeri ketika haid :
1. Banyaklah berdzikir dan bersyukur kita telah diciptakan Allah secara sempurna dg segala keistimewaannya
2. Kompres panas pada perut bawah yang dirasa nyeri
3. Kurangi asupan garam
4. Olah raga dan berfikir positif terhadap nyeri yang dirasakan,alihkan dengan kesibukan yang bermanfaat jika masih mampu beraktivitas.
Semoga nyeri yang anda alami setiap menstruasi datang dapat mereda.

 

dijawab oleh: dr. Yuni Srihastuti (Alumni Fakultas Kedokteran UGM)

artikel www.kesehatanmuslim.com

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

jika ingin konsultasi gratis, silahkan kirim pertanyaan di sini

 

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.