Apakah Orangtua Berdosa Apabila Anaknya Tidak Diimunisasi ?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pertanyaan :

Apakah berdosa orang tua yang menelantarkan anaknya dengan tidak  mengimunisasinya, yang mana imunisasi tersebut berguna untuk melindungi tubuh dari beberapa jenis penyakit?

Jawab:

Benar, jika imunisasi itu telah diteliti manfaatnya dan telah diteliti pula bahayanya bila ditinggalkan, maka perbuatan orang tua yang tidak mengimunisasi anaknya termasuk perbuatan menelantarkan anak karena imunisasi itu merupakan hak anak, maka wajib bagi setiap orang berusaha untuk kebaikan anak mereka.

Apabila seorang anak diasuh oleh kedua orang tuanya, maka pemberian imunisasi adalah kewajiban mereka berdua, dan kewajiban ini merupakan kewajiban bersama. Apabila ayah dan ibunya sudah bercerai, maka pemberian imunisasi adalah kewajiban istri selama dia belum menikah dengan orang lain. Apabila ibunya telah menikah dengan orang lain maka itu adalah kewajiban neneknya dari pihak ibu, atau saudara perempuan ibunya (bibi) dengan urutan keluarga anak yang sudah lumrah. Kemudian tanggung jawab itu kembali kepada ayahnya jika nenek atau bibi (dari pihak ibu) sudah behenti mengasuhnya.

Imunisasi itu jenisnya bermacam-macam. Ada yang sudah diteliti manfaat serta mudharatnya bila ditinggalkan, dan inilah jenis imunisasi umumnya. Ada juga imunisasi baru yang  masih dalam tahap penelitian, imunisasi ini efeknya lebih kecil dari imunisasi sebelumnya.

[Fadhilatus Syaikh al-’Allamah Ibnu Jibrin rahimahullah]

 

Sumber : Al-Ajwibatun Nafi’ah Lil ‘Amiliin fil Majaalit Thibbi karya Ibrahim Ismail Ghanim (Abu Abdirrahman)

Penerjemah : dr. Supriadi

Share.

About Author

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Alhamdulillah di sela-sela kuliah bisa ikut belajar Bahasa Arab di Madrasah Imam Ahmad bin Hambal Semarang. Aktivitas saat ini sebagai dokter umum di RSUD Propinsi di Sumbawa Besar dan aktif menulis artikel kesehatan Islam.

Leave A Reply