BAK Berdarah Pada Ibu Hamil

/ Oleh / Info Dokter, Konsultasi / No comments

pertnyaan:
dok, saya ibu hamil dengan UK 30 minggu, saya mengalami rasa nyeri di bagian bawah perut atau di daerah ari-ari. dan BAK saya bercampur dengan darah. saya coba mengatasinya dengan banyak minum air putih, tapi BAK saya pagi hari setelah bangun tidur tetap bercampur dengan darah dan ada keluar gumpalan darah kecil seperti tetesan darah yang mengental.. apa penyebabnya dok? apa kah akan membahayakan janin dalam kandungan?

jawaban:
Wa’alaikumussalam. Darah yang keluar saat BAK bisa berasal dari saluran kemih itu sendiri karena  infeksi atau ada batu saluran kemih. Bisa juga darah tersebut asalnya dari jalan lahir, yang kemudian terbawa urin keluar karena letak saluran kemih dan jalan lahir pada wanita berdekatan. Saran saya ibu periksakan dahulu kondisi ibu ini ke dokter kandungan untuk memastikan bahwa darah tersebut asalnya bukan dari jalan lahir dan kandungan ibu tidak bermasalah. Wallahu a’lam

Dijawab oleh : dr. Firandi Saputra (Sedang Menempuh Studi Spesialis Jantung dan Pembuluh)

Bagi kaum muslimin yang ingin konsultasi kesehatan gratis bisa kirim pertanyaan di sini. (Kami usahakan jawaban pertanyaan dipublish setiap hari Rabu dan Ahad)

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

About Author

Leave a Reply