Batuk Lama Pada Orang Tua, Apa Obatnya?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Assalamualaikum..dok.ibu saya usia 70 tahun sejak 6 bln lbh batuknya tak kunjung sembuh hanya ibu saya tdk pernah mau memeriksakan untuk ronseb dikarenakan pemahaman yg kurang dan takut akan ke dokter.kondisi berat badan menurun skali dan batuk tak kunjung sembuh .nafsu makan berkurang .obat apa yg bisa sya berikab ke ibu saya yg aman dan antibiotik ap yg cocok. terimakasih (muhammad_yusuf****@yah**.com)

Jawab :

 

Wa’alaikumsalaam wa rohmatullaahi wa barokaatuh

Berdasarkan informasi yang Saudara sampaikan tentang kondisi Ibu Saudara, ada beberapa penyakit yang menyebabkan kondisi seperti itu, diantaranya adalah penyakit TB (Tuberkulosis).

Namun, untuk memastikan penyakit yang diderita Ibu Saudara, perlu dilakukan wawancara oleh Dokter,   pemeriksaan tubuh dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan dahak dan pemeriksaan radiologi.

Untuk menentukan obat antibiotik apa yang  cocok, perlu dipastikan terlebih dahulu penyakit apa yang di derita oleh Ibu Saudari sehingga obat dapat diberikan dengan efektif dan efisien. Tidak boleh sembarang meminum obat antibiotik dalam kondisi seperti ini karena akan menimbulkan bahaya bagi Ibu Saudara.

Saudara dapat memberikan pengetahuan yang benar kepada Ibu Saudara dan tidak membuat Ibu Saudara khawatir terhadap kesehatannya.

Saudara juga dapat menyampaikan saran dengan kata-kata santun dan bijak kepada Ibu Saudara sehingga  beliau mau berkunjung ke puskesmas atau rumah sakit untuk memeriksakan diri. Dan jangan lupa untuk mendoakan Ibu Saudara.

 

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.