Bengkak di Lutut Setelah Operasi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pertanyaan:

Kaki bengkak dan sendi lutut kaku di masa pemulihan paska operasi tulang retak di lutut
sehabis operasi lutut kaki kanan dalam masa pemulihan yang berjalan 4 bulan, mengapa masih terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki dan kekakuan pada lutut….?
Jawab:

Bengkak pada pergelangan kaki dan rasa kaku pada sendi lutut setelah operasi tulang lutut adalah fenomena yang umum. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Operasi  tulang merupakan proses kompleks yang melibatkan jaringan kulit, lemak, otot, ikat, tulang, saraf dan pembuluh darah serta pembuluh limfe.

Ketika operasi dimulai,  jaringan kulit, lemak, otot dan ikat harus dibuka/dibedah dengan pisau bedah/alat lainnya untuk mencapai jaringan tulang yang akan diperbaiki. Pembuluh limfe dan jaringan saraf harus dihindari dalam proses pemotongan tersebut. Pembuluh darah pun akan terpotong dalam proses tersebut baik pembuluh darah yang kecil maupun yang besar. Dan darah pun keluar menuju jaringan disekitarnya dan mengaktifkan sistem pembekuan darah yang melibatkan banyak komponen dalam darah yang menghasilkan bekuan darah sehingga darah yang keluar dapat berhenti. Pada pembuluh darah yang kecil hal ini dapat berlangsung beberapa menit. Namun, Pada pembuluh darah yang besar, sistem pembekuan darah akan berlangsung lebih lama dalam membentuk bekuan darah.

Putusnya pembuluh darah dan adanya bekuan darah tersebut tentu saja menggangu aliran darah baik dari jantung menuju kaki maupun dari kaki menuju jantung. Namun biasanya yang sering bermasalah adalah aliran darah dari kaki menuju jantung yakni aliran menjadi tersumbat karena putusnya pembuluh darah dan bekuan darah tersebut yang belum terurai dalam pembuluh darah. Karena tersumbat maka cairan dalam pembuluh darah menjadi keluar dari pembuluh darah dan menggenang dalam jaringan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan bengkak pada kaki bagian bawah.

Dan rasa kaku pada sendi lutut dapat terjadi karena adanya proses peradangan yang terjadi pada daerah lutut yang telah dioperasi dan sekitarnya termasuk sendi lutut. Peradangan ini akan menekan posisi sendi lutut dan daerah sekitarnya dari semula sehingga akan menimbulkan rasa kaku ketika digerakkan.

Lalu berapa lama normalnya proses tersebut?

Hal ini bergantung dari besarnya operasi yang dilakukan yakni seberapa besar dan banyak jaringan yang terlibat dan diperbaiki. Semakin banyak maka akan semakin lama. Dan untuk kisaran normalnya akan membutuhkan waktu 4-6 bulan.

Cara sederhana untuk meminimalisasi bengkak pada kaki bagian bawah adalah dengan meletakkan kaki yang bengkak berada lebih tinggi dari pangkal kaki (paha) seperti berbaring telentang lalu kaki yang bengkak diganjal dengan tumpukan bantal atau semisal dengannya. Juga kurangi aktifitas yang menyebabkan kaki yang bengkak selalu berada di bawah seperti berjalan dan duduk. Selain itu, bisa juga dengan melakukan pijatan ringan didaerah kaki yang bengkak dengan arah dari bawah ke atas dan pengompresan dengan air hangat di daerah kaki yang bengkak.

Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter yang menangani operasi lutut anda.

Demikian penjelasan kami mengenai permasalahan yang anda alami. Semoga Allah memberi keselamatan dan kesembuhan kepada Anda dan pahala yang banyak atas kesabaran Anda.

dijawab oleh: dr. Henri Perwira Negara

artikel www.kesehatanmuslim.com

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.