Berapa Dosis Buah Kurma untuk Menaikkan Jumlah Trombosit?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Assalamu’alaikum Saya pernah membaca kurma baik untuk menaikkan trombosit, dalam sehari, adakah aturan jumlah kurma yang sebaiknya dimakan untuk menaikkan trombosit orang yang berusia 20th ? jazakallahu khairan katsir

Jawab:

 

Wa’alaikumsalaam wa rohmatullaahi wa barokaatuh.

Kurma memiliki banyak kandungan glukosa, fruktosa, sukrosa, asam amino, vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin A, niasin, kalsium, besi, magnesium, potassium, sodium, zinc, fosfor, folat, cobalt dan lain-lain . Selain itu, kurma juga mengandung Tanin. Tanin merupakan unsur penting yang bertanggung jawab terhadap sekresi 5-hydroxytryptamin (serotonin) dan thromboxane A2 (TXA2), yang keduanya berperan penting dalam proses hemostasis primer. Proses hemostasis ini kemudian dilanjutkan dengan proses pembentukan sumbat trombosit dan pembekuan darah, sehingga kebocoran vaskuler akan dapat teratasi.

 

Dengan kandungan yang banyak tersebut, kurma memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menaikkan jumlah trombosit. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa kurma menaikkan jumlah trombosit. Sebagian besar penelitian tersebut dilakukan pada hewan percobaan dan sebagian kecil telah dilakukan pada manusia. Sayangnya, penelitian yang dilakukan pada manusia tersebut tidak memberikan informasi secara jelas tentang dosis yang diberikan pada penelitian tersebut.

 

Namun, kami dapat memberikan saran tentang anjuran dosis buah kurma yang dapat dikonsumsi untuk menaikkan jumlah trombosit yakni sebanyak 7 (tujuh)  butir buah kurma dalam setiap harinya. Hal ini sebagai qiyas yang disandarkan pada hadist Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash radhiallaahu ‘anhu  bahwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” HR. Al-Bukhari (no. 5769)

Dosis tersebut dapat ditingkatkan  jika jumlah trombosit sangat sedikit.

 

Demikian penjelasan kami terkait pertanyaan yang diajukan tentang dosis pemberian buah kurma. Semoga Allah menambahkan ilmu yang bermanfaat kepada kita.

 

Dijawab oleh dr. Henri Perwira Negara

 

silahkan like fage Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

 

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

1 Comment

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.