Berat Badan Naik Drastis

Tanya :

Terkadang saya bingung dengan berat badan saya yang terus menerus naik yang awalnya badan saya beratnya itu hanya 57 kg, sekarang dalam waktu 3 bulan aja sudah sampai 87 kg. Bagai mana cara diet yang tepat untuk badan saya yang gampang naik ini?

Dzulfiqar faruq hadi

 

Jawab :

Bismillah

Semoga Anda selalu dikaruniai kesehatan. Penambahan berat badan yang Anda alami termasuk cukup drastis. Berat badan berlebih memang merupakan problem kesehatan yang perlu penatalaksanaan yang serius. Mempertahankan berat badan ideal membutuhkan perencanaan, termasuk yang paling penting adalah pola makan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait pengaturan pola makan :

  1. Porsi makan yang cukup. Penambahan berat badan  bisa jadi karena porsi makan yang berlebih. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mengurangi porsi makan besar, baik frekuensinya maupun banyaknya porsi setiap kali makan.
  2. Hindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji yang sarat dengan kalori sebagian besar memiliki kandungan lemak yang berlebih. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji bisa mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah secara umum mengandung kalori yang minimal, dan sudah cukup membuat Anda kenyang sehingga bisa membantu menurunkan berat badan Anda.
  4. Kurangi ngemil. Terlalu banyak makan makanan ringan ternyata bisa berpengaruh terhadap penambahan berat badan, karena ternyata banyak makanan ringan yang justru tinggi kalori.
  5. Minum air putih yang cukup. Kebutuhan cairan orang dewasa kira-kira 2 liter perhari. Usahakan untuk bisa memenuhi kebutuhan cairan tersebut.
  6. Mengganti jenis makanan tertentu. Misalnya mengganti nasi dengan nasi beras merah, kentang rebus, kacang-kacangan, maupun roti gandum. Makanan-makanan tersebut merupakan sumber karbohidart yang lebih lama dicerna tubuh, sehingga membuat perut kenyang lebih lama.
  7. Menghindari gorengan. Gorengan mempunyai potensi lemak yang dapat meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penumpukan lemak yang berlebih dalam tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari gorengan dan konsumsi makanan dengan cara direbus, di panggang, pepes, kukus, atau sup.

Demikian beberapa tips diet untuk membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan Anda tetap ideal. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan hilangkan stress. Faktor-faktor tersebut juga berperan dalam mempengaruhi berat badan Anda. Semoga bermanfaat.

[dr. Adika Mianoki]

 

silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

dr. Adika Mianoki

Alumni Ma'had Al 'Ilmi, lulusan Fakultas Kedokteran UGM, saat ini sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FK UGM-RSUP Sardjito.

View all posts by dr. Adika Mianoki »

2 Comments

  1. Dok, kalau menurut saya yang harus ditekankan kok malah soal olahraganya ya, karena kalau hanya mengurangi makan saja maka penurunan berat badan akan terjadi dalam waktu lama bahkan seringkali pada akhirnya akan naik jauh lebih cepat. Sebenarnya inti dari menurunkan berat badan lebih pada meningkatkan aktivitas fisik sehingga tubuh dapat menyesuaikan diri dengan membakar lemak serta mempertahankan otot. Nah, saran dari ACSM (American College of Sport Medicine) minimal kita berolahraga 150 menit per minggu. #CMIW

    • Iya, tepat sekali yang Anda sampaikan. Selain pengaturan diet, olahraga juga cukup penting. Namun dalam pembahasan artikel ini lebih banyak dibahas tentang diet karena disesuaikan dengan pertanyaan yang diajukan oleh penanya.

Leave a Reply