Berhubungan Intim Ketika Hamil

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
pagi dok,
saya mau bertanya masalah herhubungan intim selama kehamilan dok. kehamilan saya kali ni baru memasuki usia 7 bulan dok. dan semenjak hamil usia ke 6 hulan saya dan suami jarang sekali melakukan hubungan suami istri karena suami saya alasannya takut janinnya knp2 dok. nah…
yang ingin saya tanyakan apakah ad pengaruh negatif untuk saya sbg istri kalau jarang sekali melakukan hubungan intim dok,? karena kan saya pernah dgr cerita orang, kalau udh mendekati hamil tua harus sering2 melakukan supaya enak waktu melahirkannya, tapi knyataannya suami saya takut dok untuk mau melakukannya. jadi bagaimana ni dok kebenaran yang sebenrnya?? trimaksih. mhon infonya
Jawab:
Berhubungan intim atau coitus memang diperbolehkan pada ibu hamil. Akan tetapi perlu diketahui usia kehamilan si ibu. Anjuran paling baik berhubungan adalah trisemester kedua dan ketiga (Setelah 3 bulan ) karena janin sudah kuat dan cukup besar sehingga tidak terganggu. Namun pada usia di bawah 38 minggu, sebaiknya dilakukan coitus interuptus ( Azl / dibuang diluar).
Sperma yang mengandung prostaglandin selain sebagai pelunak jalan lahir, juga dapat berefek menyebabkan kontraksi pada rahim. Kontraksi ini akan menjadi bahaya jika bayi belum cukup umur.  Sebenarnya  perlunakan dan kontraksi akan mempermudah proses melahirkan.
Makanya sering ada istilah “sebaiknya suami sering menjenguk istri di hamil tua 38 minggu.. Jika tidak mampu mengkontrol untuk melakukan coitus intruptus atau azl sebaiknya menunggu sampai waktu yang pas yaitu ketika usia kandungan sudah 38 minngu.
Allahu’alam Bishowab

dijawab oleh: dr. Purnamandala

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

jika ingin konsultasi gratis, silahkan kirim pertanyaan di sini

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.