Doa Agar Tidak Tertimpa Sakit Seperti Sakit Orang Lain

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِيْ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيْلاً.

“Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan aku dari sesuatu yang Allah menimpakannya sebagai cobaan untukmu. Dan Allah telah memberi keutamaan kepadaku, dengan keutamaan di atas banyak makhluknya.”

(HR. At-Timidzi 5/494, 5/493, dan lihatlah Shahih At-Tirmidzi 3/153).

Do’a ini dapat diamalkan saat kita melihat orang lain tertimpa musibah dalam bentuk apapun, tidak hanya sakit. Dalilnya:

Dari Abu Hurairah, dia berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa melihat seseorang sedang mendapat cobaan, lalu ia mengucapkan ‘Alhamdulillahi … mimma khalaqa tafdhila’maka dia tidak akan ditimpa cobaan tersebut.” (HR. At-Timidzi 5/494, 5/493, dan lihatlah Shahih At-Tirmidzi 3/153)

Catatan penting:

Ulama menerangkan bahwasanya apabila musibah orang tersebut adalah bahwasanya dia melakukan kefasikan, maka orang yang melihatnya hendaknya mengucapkan doa secara jahr (terang-terangan) untuk menghalanginya (menegurnya) dari kefasikan tersebut. Akan tetapi apabila orang tersebut diuji dengan sakit atau kekurangan fisik, orang yang melihatnya hendaknya mengucapkan doa secara sirr (rahasia/menyembunyikan suara) agar tidak menyakiti hatinya…

( مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح)

Referensi:

1. Abu Muhammad, IS. Bimbingan Rohani untuk Orang Sakit (Tuntunan untuk Pasien, Dokter, Perawat, Keluarga dan yang Menjenguk. Bogor: Pustaka Ibnu Umar; tanpa tahun.

2. Abu Zaidan. Hidup Cerah Anti Sedih. 1st ed. Surakarta: PWM (Perpustakaan Wakaf Muslimin) “Syaikh Al-Albani” Surakarta; 1431 H/2010 M.

3. E-book Kitab Hishnul Muslim – Said bin Ali Al-Qahthani. Chm compilation.

Share.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.