Gatal di Tangan dan Alat Kelamin

Pertanyan:

Pada awalnya terdapat bintik-bintik tumbuh di tangan(jari), jika di garuk akan mengeluarkan cairan bening, rasany gatal . dan gatal ini tertular ke seluruh badan tapi tidak ada bintik-bintik, saking seringny di garuk sampai berbekas bintik-bintik merah . di tangan pun berbekas menjadi kulit kering . dan di kelamin jg gatal-gatal, terdapat 5 bintik/bendolan gigitan nyamuk di kepala penis, jika di garuk akan membentuk kulit kasar, seperti kulit pecah-pecah/kulit kering,terdapat di testis juga . mohon sarannya dok, makasih apakah dermatitis ? herpes ? eksim ? perdangan kulit ? infeksi jamur ?

Jawab :

Dalam ilmu penyakit kulit dan kelamin, terdapat istilah “wujud kelainan kulit” yaitu untuk menggambarkan seperti apakah kelainan kulit yang dialami seseorang. Ketika Anda menyebutkan “bintik-bintik”, maka maknanya bisa sangat luas. Oleh karena itu, cara yang paling tepat untuk memastikan diagnosis adalah dengan melihat wujudnya secara langsung, dan hal ini hanya bisa ditempuh dengan memeriksakan diri ke dokter. Namun demikian, kami akan berusaha memberikan gambaran kemungkinan penyakit yang sedang Anda derita.

Jika melihat gejalanya, maka masalah bintik dan gatal pada tangan yang membekas setelah digaruk sangat mungkin merupakan gejala dermatitis. Dermatitis ini banyak ragamnya, namun yang sering ditemui adalah dermatitis alergi dan dermatitis kontak. Dermatitis alergi hanya muncul pada seseorang yang memiliki “bakat” alergi dan kemudian terpapar allergen (pencetus alergi), misalnya ada orang yang alergi makanan laut atau yang lainnya. Gejala yang muncul bisa gatal di bagian tubuh tertentu atau seluruh tubuh. Sedangkan pada dermatitis kontak, seseorang akan mengalami gatal ketika kulitnya mengalami kontak dengan sesuatu, misalnya gatal setelah memegang deterjen atau yang lainnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengingat kembali, apakah munculnya bintik-bintik tersebut setelah Anda makan makanan tertentu atau kontak dengan benda tertentu. Jika sudah mengarah, kami menyarankan untuk menghindari pencetusnya.

Sedangkan untuk masalah gatal di kelamin, bisa jadi merupakan masalah yang sama dengan yang di tangan, namun bisa juga disebabkan oleh jamur. Oleh karena itu, kami sarankan untuk tidak menggaruknya, menjaga kondisi area kemaluan agar selalu kering (tidak lembab), hindari pemakaian celana ketat, dan segera periksakan ke dokter. Untuk mendapatkan diagnosa yang tepat, dokter  akan melakukan pemeriksaan fisik dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan laboratorium (dengan mengambil sedikit jaringan kulit).

Dijawab oleh : dr. Avie Andriyani

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

dr. Avie Andriyani

Alumni Fakultas Kedokteran UGM. Saat ini aktif menulis berbagai artikel kesehatan. Di antara tulisan yang sudah dibukukan adalah buku Panduan Kesehatan Wanita

View all posts by dr. Avie Andriyani »

Leave a Reply