Hasil khitan kurang bagus, bisakah khitan ulang?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

pertanyaan:

Ass…dok sya mw tanya…10 tahun yg lalu sya sudah khitan…tpi hasilnya kurang bgus…mr.P  saya mngkin agak kecil jadi habis dikhitan kulupnya nutup lgi, tapi bisa juga kulup nya dibuka…minta saran dri dokter apa yang hrus saya lakukan?

jawaban:

Salah satu tujuan khitan selain melaksanakan sunnah fitrah yang diajarkan Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah untuk menjaga kebersihan dan menghindarkan penyakit,biidznillah. Penilaian terhadap hasil akhir khitan atau bagus tidaknya hasil khitan tentunya sangat individual. Akan tetapi yang perlu diperhatikan pada hasil khitan ini adalah tidak terdapat celah lagi untuk mengumpulnya kotoran/smegma antara kulup dan kepala/gland penis.

Jika setelah khitan masih didapatkan kulup yang menutupi gland penis, hal itu akan berpotensi menjadi tempat berkumpulnya kotoran sehingga tujuan khitan untuk kebersihan dan menghindarkan diri dari penyakit tidak maksimal. Jika demikian adanya, maka kami sarankan saudara khitan ulang,akan tetapi jika alasannya adalah estetika maka itu kembali kepada induvidu masing-masing.

wallahu a’lam

 

Dijawab oleh: dr. Yuni Srihastuti

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 *****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

Jika ingin konsultasi gratis, silahkan kirim pertanyaan di sini

Share.

About Author

Leave A Reply