Hidup Sehat Alami

/ Oleh / Tips Sehat / No comments

Hidup sehat adalah dambaan setiap insan. Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus dengan pola hidup yang serba mahal karena semua itu dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Semua dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Dengan pola hidup sehat alami, insyaAllah kesehatan jasmani dapat terwujud.

Kenapa Banyak Penyakit Bermunculan?

Mungkin ada yang betanya, kenapa di zaman kita sekarang ini banyak sekali penyaki-penyakit bermunculan? Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun ada satu faktor yang disebabkan oleh manusia itu sendiri, yaitu perilaku gaya hidup yang tidak sehat. Perubahan pola makan, asupan yang tidak sehat, kurangnya olahraga, dan perilaku-perilaku tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol merupakan faktor dominan yang mempengaruhi meningkatnya kejadian penyakit di zaman moderen ini.

Perubahan pola makan misalnya. Orang-orang sekarang cenderung memilih sesuatu yang praktis. Termasuk dalam hal makan. Sehingga fast food menjadi salah satu pilihan. Akibatnya penyakit degenaratif yang biasanya muncul di usia tua pun kini banyak diderita kaum muda. Asam urat, kolesterol, diabetes, hipertensi, mulai melanda di usia muda.

Memilih makanan yang tidak sehat juga mempengaruhi kejadian penyakit. Tidak sedikit di antaranya yang merupakan pemicu terjadinya kanker. Tidaklah mengherankan jika kejadian penyakit kanker akhir-akhir ini juga terus melonjak.

Bahaya Pemanis, Pewarna, dan Pengawet Buatan

Di zaman ini, hampir tidak ada makanan yang tidak mengandung pemanis, pewarna dan pengawt buatan. Mayoritas  produk, terutama produk-produk olahan, hampir dipastikan mengandung bahan-bahan tersebut.  Penggunaan formalin dan asam borak misalnya, sudah lumrah digunakan utnuk mengawetkan tahu, mie, dan ikan segar. Penambahan MSG sebagai pemanis hampir ada di setiap produk makanan. Belum lagi makanan dan minuman warna-warni yang diberi pewarna buatan, hampir kita dapati pada setiap jajanan anak-anak.

Penggunaan bahan-bahan tersebut bukan tanpa risiko. Apalagi terkadang penggunaannya yang melampaui batas dan melebihi standar  yang ditetapkan. Di antara bahan-bahan tersebut diduga kuat merupakan bahan-bahan karsinogenik, yakni bahan yang mampu memicu terjadinya kanker. Jika bahan tersebut terakumulasi dalam tubuh seseorang, bukan hal yang mustahil bila kelak penyakit kanker menggerogotinya.

Saatnya Hidup Sehat Alami

Back to nature, sebuah semboyan yang banyak diagungkan belakangan ini. Prinsip ini mulai kembali diusung oleh beberapa praktisi kesehatan. Memanfaatkan bahan-bahan alami utnuk memenuhi kebutuhan makanan harian sudah mulai dikembangkan. Semuanya diproses secara alami. Inilah yang dikenal dengan makanan organik. Pengolahan bahan ini tanpa melibatkan bahan kimia sintetik. Produk-produk semacam ini sudah banyak beredar dan tidak sedikit peminatnya. Seperti beras organik, sayuran organik, dan produk peternakan yang diolah secra organik.

Termasuk dalam hal pengobatan. Harus diakui bahwa penggunaan bahan herbal untuk pengobatan akhir-akhir ini meningkat. Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan bahan herbal sebagai bahan terapi. Diantaranya adalah karena alami sehingga dianggap lebih aman dan efek samping yang minimal. Tentu saja harus sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tepat.

Alami Belum Tentu Aman

Yang perlu diperhatikan, tidak semua yang alami otomatis aman dikonsumsi. Bahan tumbuhan pun ada juga yang berbahaya bahkan beracun. Semua tahu bahwa makanan binatang Koala adalah daun eucaliptus yang jika dimakan manusia bisa berbahaya. Dan satu lagi bahan tumbuhan alami adalah daun ganja, dan daun koka. Semua pasti kenal dengan daun ganja. tentu saja ini bukan bahan kimia, namun tanaman alami. Namun kandungannya sangatlah berbahaya jika dipakai dengan sembarangan. Sedangkan daun koka adalah bahan pembuat kokain yang sangat berbahaya.

Kondisi kesehatan sesorang juga memnentukan keamanan suatu bahan alami untuk dikonsumsi. Bayam misalnya, dikenal sebagai sayuran yang bergizi. Namun pada penderita asam urat, bayam mutlak dihindari karena kandungan purin-nya yang tinggi yang dapat meningkatkan asam urat. Jadi tidak semua bahan alami aman untuk dikonsumsi.

Faktor-Faktor Penting Penunjang Kesehatan

Untuk hidup sehat bukan tanpa usaha. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan kesehatan :

[1] Banyak minum air putih

Air putih sering diremehkan banyak orang. Padahal ini merupakan salah satu kebutuhan vital bagi makhluk hidup. Idelanya, seorang harus minum minimal 2 liter air setiap harinya.

[2] Dapatkan cukup cahaya matahri dan udara segar

Fasilitas gratis ini sudah semakin jarang kita temui seiring dengan pesatnya pembangunan. Padahal keduanya penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran seseorang.

[3] Menjaga sikap dan emosi untuk mengurangi stress

Orang zaman sekarang  hampir semuanya pernah mengalami stress. Jika tidak dikendalikan, stress yang berat dan tersu-menerus dapat memicu dan memperparah kondisi kesehatan.

[4] Hindari rokok, minuman keras, dan obat-obat terlarang

Gaya hidup yang jelas-jelas tidak sehat ini ternyata masih banyak diminati orang. Hampir semua faktor risiko penyakit dipicu oleh budaya yang membahayakan diri dan lingkungan ini. Jika ingin sehat, segera buang jauh-jauh barang-barang tersebut.

[5] Pilih makanan bebas pencemaran

Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan. Namun paling tidak, usahakan seminimal mungkin mengkonsumsi fast food dan produk-produk olahan. Usahakan mengkonsumsi makanan yang kita masak sendiri.

Hidup sehat sepanjang hayat bukanlah impian. Asalkan kita mau mengubah pola hidup kita, mulai dari sekarang. Insya Allah. Semoga bermanfaat.

About Author

dr. Adika Mianoki

Alumni Ma'had Al 'Ilmi, lulusan Fakultas Kedokteran UGM, saat ini sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FK UGM-RSUP Sardjito.

View all posts by dr. Adika Mianoki »

Leave a Reply