Hipnoterapi dalam Pandangan Medis dan Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

pertanyaan:

bismilah.. assalamualaikum dokter semoga antum diberikan kemudahan oleh Allaoh dalam menyampaikan kebaikan dan selalu dalam lindungan Alloh robbul ‘alamin.. dok apa hukumnya teraphy dengan mengunakan hpyno? yang sekarang lagi ternd di kalangan ibu hamil, dengan harapan dapat memudahkan dalam persalinan.. dan gimana caranya ana bisa mendapatkan majalah kesehatan muslim dalam bentuk fisiknya..? jazakallohu khoir, barokallohu fiik.

jawaban:

 Wa’alaikumussalam warohmatullah.

Hipnosis pada wanita yang hendak melahirkan atau disebut juga hipnobirthing merupakan suatu teknik autohipnosis(menghipnosis diri sendiri) dengan sugesti-sugesti yang baik,membangun dan memberikan keyakinan diri yang mantap agar ibu tersebut dapat melalui persalinan dengan perasaan tenang dan nyaman. Diharapkan jika si ibu menghadapi proses persalinannya dengan tenang maka rasa sakit dapat diminimalisir.

Selain itu tujuan hipnobirthing juga untuk membentuk hubungan kejiwaan dengan si janin yaitu dengan mengajaknya bicara,membelai dan menumbuhkan rasa sayang. Jika hipnosis yang diberikan berupa sugesti positif dengan kata kata yang sesuai syariat menurut saya ini tidak mengapa, misalnya dengan membacakan ayat ayat ru’yah, memberikan keyakinan ibu bahwa kesabaran ibu dalam proses melahirkan berbalas pahala yang besar, bahwa anak anak yang akan dilahirkan dan dididik sang ibu menjadi anak anak sholih merupakan amal jariyah si ibu.

Sebelum memulai hipnosis biasanya si ibu dilatih mengatur pernafasan untuk menenangkan diri sehingga sugesti bisa menyatu dengan si ibu. Jika ini dilakukan dengan metode yang umum seperti tarik nafas panjang mengeluarkan pelan-pelan,diulang ulang sampai ibu relaksasi kemudian baru memberikan sugesti, menurut saya juga tak mengapa. Terkecuali jika hipnobirthing ini dilakukan dengan senam yoga dan metode metode yang lain seperti yin dan yang maka ibu bisa berkonsultasi lebih jauh dengan ustadz.

Wallahu a’lam

tambahan redaksi:

sementara Majalah kesehatan Muslim masih dalam bentuk e-Book, mudahan kita ada kesempatan dan dana untuk menerbitkan dalam bentu fisik dan di bagikan Gratis

 

dijawab oleh: dr. Yuni Srihastuti

Artikel www.kesehatanmuslim.com

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

jika ingin konsultasi gratis, silahkan kirim pertanyaan di sini

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.