Hukum Belajar Kedokteran ke Negeri Kafir

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
Showing 1 of 1

Tanya :

Syaikh Muhmmad bin Shalih al ‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanya : Sebagian pemuda ingin mempelajari ilmu kedokteran dan ilmu keduniaan lainnya. Namun terdapat beberapa kesulitan dan kendala seperti adanya ikhtilat dan harus pergi belajar ke luar negeri (negeri kafir). Apakah hal ini boleh ? Apa nasihat Anda terhadap para pemuda tersebut ?

 

Jawab :

Nasihat saya untuk mereka yang ingin belajar ilmu kedokteran, bahwasanya di negeri kita ini (Saudi Arabia) sangat membutuhkan ilmu kedokteran tersebut. Adapun tentang masalah ikhtilat, maka di negeri kita –alhamdulillah– seseorang memungkinkan untuk menjaga diri dari ikhtilat sesuai dengan kemampuannya.

Adapun pergi untuk belajar ke negeri kafir, maka aku memandang tidak boleh untuk pergi ke sana kecuali memenuhi syarat-syarat berikut :

(1). Orang yang hendak pergi tersebut memiliki modal ilmu sehingga bisa menolak fitnah syubhat. Karena di negeri kafir, orang-orang kafir menyebarkan syubhat terhadap generasi kaum muslimin sehingga dikhawatirkan mereka bisa murtad dari agama Islam.

(2). Hendaknya dia juga memiliki modal agama yang kuat agar bisa menghindari fitnah syahwat. Tidak boleh pergi ke neferi kafir sementara dia orang yang lemah agamanya, sehingga dia bisa terpengaruh godaan syahwat yang menyebabkan terjerumus ke dalam kebinasaan.

(3). Hendaknya dia pergi ke neger kafir karena memang ada kebutuhan, yaitu karena cabang ilmu khusus yang hendak dia pelajari tidak terdapat di negeri-negeri Islam.

Inilah tiga syarat yang harus ada. Jika terpenuhi semuanya maka seseorang boleh pergi untuk belajar ke negeri kafir. Jika tidak terpenuhi salah satunya maka dia tidak boleh pergi, karena sesungguhnya penjagaan terhadap agama lebih penting dari apapun juga.

 

Sumber : Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih al ‘Utsaimin rahimahulla dalam Kitaabul ‘Ilmi hal 111

Alih bahasa : Adika Mianoki

Semoga bermanfaat.

 

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Showing 1 of 1
Share.

About Author

Alumni Ma'had Al 'Ilmi, lulusan Fakultas Kedokteran UGM, saat ini sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FK UGM-RSUP Sardjito.

Leave A Reply