Jangan Maklum dengan Pikun

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Salah satu bentuk penyakit berupa kepikunan adalah Alzheimer. Alzheimer sendiri merupakan gangguan penurunan fungsi otak yang mempengaruhi daya ingat, emosi, dan fungsi otak lainnya. Tahukah Anda bahwa 1 dari 10 orang berusia diatas 65 tahun mengidap penyakit Alzheimer. Berikut beberapa tandanya:

Gangguan daya ingat.
Sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, seperti mengulang pertanyaan yang sama, padahal sebelumnya sudah dijawab. Menceritakan dan menanyakan hal yang sama berulang-ulang. Lupa akan satu hal dalam frekuensi yang terlalu sering.

Sulit fokus.
Melakukan hal yang biasa dan sederhana menjadi lebih sudah dan perlu waktu lama.
Sulit melakukan kegiatan sehari-hari.
Seringkali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengatur keuangan, bahkan bingung cara mengemudi. Padahal sebelumnya mampu melakukannya.

Disorientasi waktu dan tempat.
Bingung akan waktu, bingung akan tempat dimana mereka berada dan tidak tahu jalan pulang. Padahal tempat tersebut sebelumnya telah dikenal.
Susah memahami visuospasial.
Dapat berupa kesulitan dalam mengukur jarak. Sulit membedakan warna. Tidak mengenali wajah sendir di cermin. Menabrak pintu kaca ketika berjalan. Kesulitan mencari jalan keluar yang sebelumnya dilalui.

Gangguan berkomunikasi.
Dapat dilihat dari kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat dalam sebuah percakapan, serta bingung untuk melanjutkannya.

Meletakkan barang tidak pada tempatnya.
Menyimpan atau meletakkan barang tidak kembali pada tempatnya, sehingga kadang curiga jika ada orang lain yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut. Hal ini berdampak terhadap orang-orang di sekitarnya, akibat muncul kecurigaan terhadap orang lain.

Salah membuat keputusan.
Dapat berupa kebingungan menentukan suatu hal, susah menghitung, berpakaian tidak serasi atau terbalik.

Menarik diri dari pergaulan.
Tanda ini berupa menarik diri dari pergaulan dengan atau tanpa alasan yang jelas. Sebelumnya nampak suka bersosialisasi dengan lingkungannya, namun berubah menyendiri.

Demikian uraian singkat seputar tanda Alzheimer, semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply