Jika Ujung Jari Terputus, Bisakah Disambung?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang terjadi kecelakaan. Banyak macam kecelakaan yang dapat terjadi. Di antaranya ialah terputusnya jari akibat teriris benda tajam. Apakah bagian jari yang terputus tersebut dapat disambungkan kembali?

Jawabannya ialah mungkin bisa. Di tulisan ini akan dibahas cara menyelamatkan bagian jari yang terputus agar dapat disambung kembali. Sebagai pendahuluan, fragmen jari yang lebih mungkin disambungkan adalah fragmen jari yang putus akibat benda tajam. Adapun fragmen yang remuk dan rusak kemungkinan bisa disambung lebih kecil.

Berikut ini langkah-langkah merawat fragmen jari yang terputus, untuk segera dibawa ke pusat pelayanan kesehatan.

1. Bersihkan fragmen dengan cairan fisiologis (misal cairan infus NaCl, atau RL). Jika tidak ada, gunakan kain basah/tisu basah. Hindari penggunaan air dalam jumlah besar karena dapat merusak sel-sel di fragmen tersebut.

2. Masukkan fragmen ke dalam plastik kosong yang bersih. Ikat plastik secara erat.

3. Masukkan plastik berisi fragmen ke wadah yang berisi campuran air dan es. Tujuannya adalah untuk menghambat metabolisme sel agar tidak cepat rusak/busuk. Akan tetapi, hindari penggunaan es batu langsung atau suhu yang terlalu dingin. Suhu yang terlalu dingin justru dapat merusak sel.

4. Segera antar pasien dan fragmen jari ke pusat pelayanan kesehatan.

Demikian tips singkat tentang menangani jari yang terputus, semoga bermanfaat.

(Disarikan dari kuliah guru kami dr. M. Rosadi Siswandhana, Sp.B, Sp.BP-RE(K) di Bagian Ilmu Bedah FKUGM, 24 Januari 2017).

Share.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.