Kangen Water:  Bermanfaat atau Justru Berbahaya?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Umat Islam mengenal air zamzam sebagai air yang penuh berkah dan memiliki banyak keutamaan [1]. Sayangnya, sebagian orang meyakini bahwa keistimewaan dan keberkahan air zamzam tersebut dapat ditiru dengan menciptakan air sejenis dengan komposisi kimiawi dan mineral sama atau mirip dengan air zamzam. Ini adalah tindakan yang kurang tepat, karena keberkahan air zamzam terletak pada dzatnya (yang diambil langsung dari sumur zamzam). Salah satu jenis air yang diklaim oleh sebagian orang memiliki keistimewaan sebagaimana air zamzam adalah kangen water. Oleh karena itu, dalam pembahasan ini, kami ingin sedikit membahas kangen water ditinjau dari aspek kesehatan.

Keseimbangan Asam dan Basa dalam Tubuh Manusia

Sebagian orang menganggap bahwa manfaat air zamzam itu didapatkan karena komposisi atau karakteristik air zamzam yang memiliki pH basa (pH di atas 7) [2]. Lalu muncullah keyakinan sebagian orang bahwa air zamzam ini bisa ditiru dengan mambuat komposisi kimiawi air yang mirip dengan air zamzam. Salah satu produk yang diklaim meniru komposisi air zamzam adalah kangen water. Salah satu sifat utama kangen water adalah pH yang basa (alkali). Kami jumpai sebagian distributor yang mencantumkan keistimewaan air zamzam dalam rangka mempromosikan kangen water [3].

Mereka yang mengklaim kegunaan kangen water menganggap bahwa tubuh kita membutuhkan cairan basa untuk menetralkan asam yang diproduksi sebagai hasil dari metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh secara konstan memproduksi asam yang berbahaya jika tidak segera dinetralisir. Seperti misalnya orang yang beraktivitas berat dan menyebabkan penimbunan asam laktat. Selain itu, suasana asam juga mendorong pertumbuhan sel kanker. Demikianlah menurut klaim mereka.

Tubuh kita memiliki sistem pengaturan yang kompleks. Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh kita dipertahankan oleh ginjal, asam lambung dan juga paru-paru. Jika ada kelebihan asam, maka tubuh akan bekerja untuk mengembalikan keseimbangan tersebut. Demikian pula sebaliknya. Gangguan pada organ tersebut, misalnya ginjal, bisa jadi berdampak pada gangguan keseimbangan asam dan basa, sehingga muncul kondisi asidosis (terlalu asam) atau alkalosis (terlalu basa). Jadi dalam kondisi sehat dan normal, tubuh kita sudah memiliki mekanisme pengaturan asam basa tersendiri sehingga tidak dibutuhkan perlakuan dari luar (dalam hal ini tambahan kangen water) untuk menjaga keseimbangannya.

Telaah Kritis Klaim Manfaat Kangen Water

Oleh karena itu, klaim manfaat kangen water ini bisa kita kritisi dalam beberapa aspek [4]:

  1. Kalau kita berpikir sejenak, ketika air tersebut sampai ke lambung, maka pH air tersebut akan dinetralkan oleh asam lambung. Sehingga sebetulnya, tidak ada gunanya meminum air ini karena sifat basanya segera ternetralisir oleh asam lambung.
  2. Asam lambung adalah pertahanan pertama tubuh kita terhadap bakteri penyebab penyakit yang mungkin masuk melalui makanan. Bakteri akan mati dalam kondisi asam di lambung. Jika keasaman ini berkurang karena terlalu banyak cairan basa (kangen water), bisa jadi fungsi pertahanan ini akan terganggu.
  3. Masing-masing organ tubuh kita memiliki rentang pH yang berbeda-beda. Dan pH tersebut dijaga keseimbangannya oleh tubuh kita secara alamiah, tanpa membutuhkan manipulasi khusus dari luar.
  4. Terdapat banyak sebab terjadinya perubahan pH dalam tubuh kita. Bisa terjadi karena gangguan pada ginjal, pada saluran pencernaan (muntah terus-menerus), atau gangguan pada paru. Hanya meminum kangen water tanpa melakukan tindakan apa pun terhadap penyebab spesifik tersebut, tentu hanya sia-sia.
  5. Mengkonsumsi terlalu banyak cairan basa melebihi kebutuhan normal, justru akan menyebabkan gangguan keseimbangan asam basa itu sendiri. Kondisi ini disebut dengan alkalosis metabolik.Kondisi ini terjadi jika tubuh kita terlalu banyak kehilangan asam atau terlalu banyak mendapatkan molekul basa. Misalnya (meskipun jarang), seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi baking soda (bikarbonat). Gejala dari alkalosis metabolik ini antara lain mual, muntah, tremor dan kedutan otot. Terdapat beberapa penelitian eksperimental pada binatang coba yang menunjukkan bahwa pemberian air alkaline justru menimbulkan kerusakan otot (lihat tiga penelitian oleh Watanabe T et al. di catatan kaki).
  6. Kondisi tersebut diperparah jika seseorang menderita gangguan ginjal. Mineral-mineral yang terdapat dalam kangen water bisa terakumulasi dalam tubuh karena ketidakmampuan ginjal dalam membuang mineral tersebut. Dalam kondisi ini, terlalu basa justru menimbulkan efek samping yang tidak bisa diremehkan.
  7. Pendukung kangen water mengklaim bahwa konsumsi kangen water dapat menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, stroke, atau kanker. Juga dapat berfungsi sebagai anti-penuaan, pembersih usus, meningkatkan sistem imunitas, kesehatan kulit atau dapat menurunkan berat badan. Namun, semua klaim ini tidaklah didukung oleh bukti-bukti ilmiah yang memadai (baca: tidak evidence-based alias over klaim).
  8. Dalam beberapa kondisi tertentu, air basa ini bisa jadi bermanfaat. Misalnya, pada orang dengan gangguan asam lambung (penelitian in vitro) atau atlet (orang-orang yang secara fisik sangat aktif). Pada orang dengan aktivitas berat, konsumsi air alkaline akan meningkatkan aliran darah. Sampel penelitian ini 100 orang (Weidman J et al. 2016) sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengklarifikasi manfaat-manfaat tersebut.

Kesimpulan

  1. Keberkahan dan keistimewaan air zamzam yang ditunjukkan oleh berbagai dalil syariat, tidak dapat digantikan oleh jenis air yang lain. Meskipun air tersebut dibuat mirip komposisi kimiawinya dengan air zamzam, misalnya kangen water atau air lainnya yang diklaim mirip seperti air zamzam.
  2. Tidak terdapat bukti manfaat kesehatan tertentu mengkonsumsi kangen water sebagai air minum sehari-hari. Klaim bahwa mengkonsumsi kangen water secara rutin bagi orang sehat dapat mencegah kanker, hipertensi dan sebagainya, tidak didukung oleh bukti ilmiah yang valid. Meskipun yang mempromosikan kangen water ini sebagiannya adalah dokter [5], hendaknya masyarakat tidak tertipu dan tetap bersikap kritis atas setiap klaim yang disampaikan.
  3. Pada kondisi tertentu, kangen water “bisa jadi” bermanfaat. Kami katakan “bisa jadi” karena masih membutuhkan penelitian dan pembuktian lebih lanjut untuk mengklarifikasi manfaat-manfaat dalam kondisi tertentu (kondisi khusus) tersebut. Selain itu, kemungkinan adanya manfaat tersebut harus ditimbang dengan risiko keamanan (efek samping merugikan) yang mungkin timbul dari konsumsi kangen water.

***

Selesai disempurnakan di Lab EMC Rotterdam NL, 4 Rabi’ul Awwal 1439/23 November 2017

Oleh seorang hamba yang sangat butuh ampunan Rabb-nya,

Penulis: dr. M. Saifudin Hakim, MSc.

 

Catatan kaki:

[1] Keutamaan dan keistimewaan air zamzam dapat disimak di tulisan kami berikut ini:

https://muslim.or.id/32166-keutamaan-dan-keistimewaan-air-zamzam-01.html

https://muslim.or.id/32169-keutamaan-dan-keistimewaan-air-zamzam-02.html

[2] Lihat postingan salah satu distributor melalui akun facebook di sini:

BUKTI NYATA!!!AIR ZAM-ZAM di Tes pH langsung dari Sumbernya, Ruarrrr Biasaaa ternyata pHnya Alkaline/Basa. Artinya Air Zam-Zam Memang Bagus dan Menyehatkan.Jika Kondisi tubuh kita Basa maka Segala Penyakit Insya Allah tidak bisa Hidup di pH Basa. Kangen Water karakternya Mirip dengan Air Zam-Zam.#KangenWaterBatamInfo : 0819671646 (WA) | Call 08117777149

Posted by Kangen Water Indonesia on Tuesday, January 5, 2016

[3]  Lihat sebagian klaimnya di sini:

  1. http://www.nadhifakangenwater.com/2016/11/11/jual-kangen-water-yang-mirip-dengan-air-zam-zam-di-bogor/
  2. http://kangenwaterkeren.blogspot.nl/2016/11/dahsyat-rahasia-khasiat-kangen-water.html
  3. https://fahrymovic.wordpress.com/tag/harga-mesin-kangen-water/

[4]  Dirangkum dari:

  1. https://www.apswater.com/article/198/Alkaline-Water-Hoax—It-is-Simple-Science
  2. http://www.huffingtonpost.com/john-berardi-phd/alkaline-water_b_7762588.html
  3. http://www.healthline.com/health/food-nutrition/alkaline-water-benefits-risks#benefits2
  4. Minich DM, Bland JS. Acid-alkaline balance: role in chronic disease and detoxification. Altern Ther Health Med 2007; 13(4): 62-65.
  5. Koufman JA, Johnston N. Potential benefits of pH 8.8 alkaline drinking water as an adjunct in the treatment of reflux disease. Ann Otol Rhinol Laryngol 2012; 121(7): 431-434.
  6. Watanabe T, Kishikawa Y. Degradation of myocardiac myosin and creatine kinase in rats given alkaline ionized water. J Vet Med Sci 1998; 60(2): 245-250.
  7. Watanabe T, Kishikawa Y, Shirai W. Influence of alkaline ionized water on rat erythrocyte hexokinase activity and myocardium.  J Toxicol Sci 1997; 22(2): 141-152.
  8. Watanabe T et al. Histopathological influence of alkaline ionized water on myocardial muscle of mother rats. J Toxicol Sci 1998; 23(5): 411-417.
  9. Weidman J et al. Effect of electrolyzed high-pH alkaline water on blood viscosity in healthy adults. Journal of the International Society of Sports Nutrition 2016; 13:

[5] Lihat video berjudul “02 DEMO AMAZING KANGEN WATER by DR ANDHYKA | 0817-225-952” di sini: https://www.youtube.com/watch?v=OZjf3Qpvjwo

 

 

 

 

 

Share.

About Author

Lulus dari Fakultas Kedokteran UGM tahun 2009. Pada tahun 2013, menyelesaikan program pascasarjana (S2) di Research Master of Infection and Immunity, Erasmus Medical Center (EMC), University Medical Center Rotterdam, Belanda. Dosen di Bagian Mikrobiologi FK UGM. Alumni Ma’had Al-‘Ilmi, Yogyakarta.

1 Comment

Leave A Reply