Kejang Demam Pada Anak

/ Oleh / Info Penyakit, Kesehatan Anak / No comments

Kejang pada anak yang dikenal dengan kejang demam terjadi pada anak yang berumur 6 bulan – 5 tahun. Sebagaimana namanya, kejang demam terjadi pada saat suhu tubuh anak yang meningkat. Namun tidak termasuk dalam kejang demam, anak yang kejang akibat infeksi otak, gangguan metabolik (misalnya hipoglikemi), gangguan elektrolit, atau kejang tanpa kenaikan suhu tubuh.

Sebagai orang tua sangat dituntut untuk mengerti kondisi kesehatan anak. Orang tua harus cermat menilai kondisi tubuh anak terutama ketika suhu tubuhnya mulai naik alias demam. Siapkan termometer di rumah Anda yang kapan saja dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh anak. Jika anak demam tinggi perhatikanlah dan awasi apakah anak mengalami kejang atau tidak.

Kejang demam pada umumnya dialami pada anak dengan orang tua yang memiliki riwayat sama pada waktu kecilnya. Sedangkan penyebab pastinya masih belum jelas. Pada anak yang pernah mengalami episode kejang demam pada usia <12 bulan akan memiliki resiko 50% terjadi kejang demam berulang, sedangkan usia >12 bulan dengan resiko 30%.

Apa yang harus Anda siapkan jika anda memiliki anak dengan kejang demam? Cegah demam pada sang anak. Memang, anak sangat mudah sekali demam. Pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian obat penurun panas jika didapati badan anak mulai demam. Yang perlu ditekankan adalah pemberian obat sesegera mungkin jika anak demam. Jika demam tidak turun dan anak kejang, hendaknya orang tua tetap tenang dan tidak panik. Buka pakaian anak, dan segera berikan obat anti kejang yang dimasukkan melalui anus. Lihat apakah kejang berkurang atau tidak. Kemudian bawa segera anak anda ke rumah sakit untuk penangan lebih lanjut walaupun kejang sudah berhenti.

Oleh karena itu a para orang tua harus mempersiapkan, termometer, obat penurun panas dan obat anti kejang yang siap sedia di rumah. Penanganan awal anak kejang ada pada Anda. Anda yang bersama anak 24 jam penuh, sehingga sangat wajar anda paling mengerti keadaan anak kapan dia demam dan kapan dia kejang. Semoga bermanfaat.

Penulis : Abdiyat Sakrie, S.Ked (Dokter Muda FK UGM)

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

About Author

Leave a Reply