Kenali 13 Gejala Kanker

/ Oleh / Info Penyakit / No comments

Kanker merupakan penyakit yang dianggap momok oleh masyarakat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Baik tua maupun muda, laki-laki maupun wanita, kaya maupun miskin, semuanya bisa terkena. Berikan penanganan sejak dini dengan mengenali gejala-gejalanya. Berikut di antara gejala-gejala kanker yang perlu diwaspadai:

1.Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas meupakan gejala kanker yang umum terjadi. Biasanya disertai pula dengan keluhan nafsu makan yang menurun. Hal ini bisa terjadi pada seluruh jenis kanker.

2. Nyeri

Rasa nyeri yang terus-menerus terjadi bisa merupakan tanda kanker meski timbulnya nyeri ini bukan disebabkan oleh kanker.. Dengan berkembangnya suatu kanker, gejala pertama yang muncul seringkali rasa tidak nyaman yang ringan, yang bisa menjadi rasa nyeri yang meningkat seiring pembesaran kanker. Nyeri dapat terjadi akibat kanker  yang meluas menekan syaraf dan pembuluh darah disekitarnya. Meskipun begitu, tidak semua kanker menyebabkan rasa nyeri yang  berat.

3. Perut Membesar

Munculnya bengkak di perut bisa dicurigai sebagai tanda kanker ovarium. Tanda lain yang menyertai adalah sakit di bagian perut atau sakit di bagian panggul, gangguan berkemih dan mudah merasa kekenyangan meski makan sedikit. Waspadai gejala bengkak, terutama bila menetap lebih dari seminggu.

4. Payudara Berubah

Bagi para wanita, perlu diperhatikan jika ada perubahan pada payudara. Jangan anggap enteng bila muncul tanda kemerahan atau benjolan di payudara, bisa jadi itu merupakan gejala awal kanker payudara. Tanda lain yang perlu diwaspadai adalah perubahan pada puting, muncul cairan (pada wanita yang sedang tidak menyusui), apalagi jika disertai rasa gatal.

5. Menstruasi yang Tidak Normal

Perdarahan yang timbul di antara waktu periode menstruasi sebaiknya perlu diperiksakan ke dokter. Bila sebelumnya tidak pernah muncul flek darah dan sekarang tiba-tiba ada, maka itu bisa jadi sesuatu yang abnormal yang merupakan gejala kanker.

6. Perubahan di Kulit

Hati-hati dengan tahi lalat atau benjolan di kulit. Jika makin melebar, tidak simetris, warna tidak merata atau berkoreng, ada kemungkinan hal itu merupakan kanker kulit. Penyebab utama kanker kulit adalah sinar ultraviolet dan zat kimia, juga infeksi human papiloma virus.

7. Sulit Menelan

Keluhan sulit menelan biasanya terkait dengan gangguan pada tenggorokan. Namun, gejala sulit menelan juga bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius, misalnya suatu kanker pada saluran cerna. Meski tidak spesifik, tetapi kanker saluran cerna seringkali memiliki gejala nyeri ulu hati, sulit menelan, muntah darah, penurunan berat badan, perdarahan saluran cerna, dan anemia.

8. Bercak di Mulut

Menurut Perkumpulan Kanker Amerika, para perokok perlu mewaspadai munculnya bercak putih di lidah atau plak pada mukosa mulut, karena bisa menjadi tanda kondisi pra kanker yang disebut leukoplakia yang bisa berkembang menjadi kanker mulut.

9. Batuk Lama

Batuk selalu dikaitkan dengan flu dan alergi. Akan tetapi batuk terus menerus dalam periode lama, sekitar tiga atau empat minggu, harus diperhatikan karena bisa merupakan gejala kanker paru. Selain batuk, gejala kanker paru lainnya berupa sesak napas dan dahak yang berdarah.

10. Demam Tanpa Sebab yang Jelas

Jika anak lesu dan pucat, demam yang tidak jelas penyebabnya, mengalami perdarahan di kulit atau gusi, ada benjolan di tubuh atau kepala, nyeri pada anggota gerak, perut bengkak atau keras, sebaiknya orangtua waspada dan segera membawanya ke dokter. Mungkin hal itu merupakan gejala leukimia (kanker darah) atau kanker limfoma (kelenjar getah bening).

11. Sering Pusing

Pusing sering dianggap sesuatu yang biasa. Namun jika seseorang sering mengalami pusing, perlu dicurigai adanya kelainan yang serius, termasuk adanya kanker otak. Apalagi jika disertai pingsan atau muntah-muntah. Jika demikian, sebaiknya segerakan konsultasikan ke dokter.

 12. Gangguan Kencing

Dengan bertambahnya usia seorang pria, maka problem saat berkemih menjadi makin sering. Bisa terjadi perasaan tidak puas saat berkemih, ketidakmampuan menahan kencing, bahkan frekuensi kencing yang makin sering. Waspadalah jika keadaan ini tidak membaik dan bertambah parah karena bisa merupakan pertanda kanker meski pembesaran prostat di usia lanjut juga bisa menyebabkannya.

 13. Muncul Benjolan

Waspadai munculnya benjolan-benjolan tak normal di leher, bawah lengan, atau di bagian mana pun pada tubuh. Mungkin saja itu adalah kanker kelenjar getah bening. Jika kanker mulai menyebar di sekitar tubuh, hal itu pertama kali bisa menyebar ke sekitar getah bening, biasanya terjadi bengkak. Getah bening yang bengkak kemungkinan tidak menyakitkan sehingga sering dihiraukan

Inilah di antara gejala kanker yang perlu Anda kenali, walaupun masih banyak gejala lainnya. Berikan sedikit waktu Anda untuk mengamati dan menyayangi diri sendiri. Bukankah lebih baik jika problem kesehatan Anda teratasi sedini mungkin? Semoga petunjuk ini bisa membuat Anda lebih waspada dalam mengenali gejala – gejala kanker sebelum terlambat.

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

Leave a Reply