Kenali Gejala Vertigo

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Definisi

Kata vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya memutar. Menurut medis, vertigo didefinisikan sebagai sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, Dapat juga disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Orang yang mengalami vertigo akan  merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan beberapa hari.Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Penyebab

Kelainan ini terjadi karena gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer. Kelainan pada telinga sering menyebabkan vertigo.  Tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam.Organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak.Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telingan dengan otak dan di dalam otaknya sendiri.Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab umum dari vertigo dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Keadaan lingkungan
    Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut)
  2. Obat-obatan
    – Alkohol
    – Gentamisin
  3. Kelainan sirkulasi
    Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler
  4. Kelainan di telinga
    – Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo)
    – Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri
    Herpes zoster
    Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga)
    – Peradangan saraf vestibuler
    – Penyakit Meniere
  5. Kelainan neurologis
    Sklerosis multipel
    – Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya
    – Tumor otak
    – Tumor yang menekan saraf vestibularis.

Gejala

Penderita vertigo merasa seolah-olah dirinya bergerak atau berputar; atau penderita merasakan seolah-olah benda di sekitarnya bergerak atau berputar. Perasaan tersebut kadang disertai dengan rasa mual dan ingin muntah, bahkan penderita merasa tak mampu berdiri dan kadang terjatuh karena masalah keseimbangan.

Gejala lain yang dapat menyertai vertigo adalah pandangan kabur, merasa lelah dan kurang stamina, sakit kepala, dada berdebar, sempoyongan (tidak seimbang), tidak bisa konsentrasi, nyeri otot leher dan punggung, mual dan muntah, berkeringat, sensitif pada cahaya dan suara berisik, serta menurunnya fungsi kognitif (berpikir dan memori).

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya.Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, betahistin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Semua obat di atas bisa menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Anda juga dapat mengonsumsi obat antimuntah. Namun, jika sakitnya terus berlangsung, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

Ketika Anda merasakan serangan vertigo, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan :

  1. Tarik napas dalam-dalam, kemudian pejamkan mata, dan segera mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.
  2. Jika Anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang-orang di dekat Anda untuk membantu Anda ke toilet.
  3. Ketika Anda berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang atau hilang.
  4. Buka mata perlahan lalu coba miringkan badan, atau kepala gerakkan kepala Anda dengan perlahan. Jika dengan tindakan ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka itu berarti Anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.

Jika Anda mengalami serangan vertigo, segera periksakan ke dokter spesialis saraf. Semoga informasi singkat ini bermanfaat.

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Share.

About Author

Alumni Ma'had Al 'Ilmi, lulusan Fakultas Kedokteran UGM, saat ini sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FK UGM-RSUP Sardjito.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.