Kenali Sakit Kepala Anda

/ Oleh / Info Penyakit / 1 Comment
sakit kepala

Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala. Sakit kepala diartikan sebagai perasaan tidak nyaman yang dirasakan di sekitar kepala antara bola mata hingga belakang kepala. Sakit kepala menyerang dengan beberapa pola nyeri. Sering kali, pasien kesulitan menjelaskan kepada dokter pola sakit kepala mana yang dia rasakan, sehingga sering kali menyulitkan dokter untuk menentukan jenis sakit kepala apa yang diderita pasien. Hal ini tentu akan mempengaruhi pengobatan yang harus diberikan. Oleh karena itu, kenali pola sakit kepala, dan jelaskan kepada dokter anda bagaimana sakit kepala yang anda rasakan. Berikut beberapa hal yang patut anda perhatikan agar dapat membantu dokter anda mendiagnosis sakit kepala yang anda derita.

Jumlah Serangan

Hitung berapa kali sakit kepala telah menyerang anda. Anda dapat menghitungnya sejak pertama serangan hingga sakit kepala hilang sebagai satu serangan.

Durasi Serangan

Anda perkirakan berapa lama anda merasakan sakit kepala hingga pulih kembali. Berapa jam atau bahkan bisa berhari-hari.

Lokasi

Tentukan dimana lokasi sakit kepala yang paling berat anda rasakan. Depan kepala, belakang kepala, atau hanya satu sisi kepala saja. Jika anda bisa menunjuk dengan jari anda dapat melakukannya.

Jenis & Kualitas

Deskripsikan bagaimana sakit kepala yang anda rasakan, apakah berupa denyutan atau nyeri tumpul di seluruh kepala. Anda dapat membagi derajat sakit kepala menjadi ringan, sedang dan berat. Tentukan derajat sakit kepala anda.

Gejala Lainnya

Sakit kepala dengan sebab tertentu bisa disertai gejala-gejala selain sakit kepala itu sendiri. Berikan informasi seluruh keluhan yang anda rasakan saat serangan. Seperti, demam, mual, muntah, pandangan kabur, takut lihat cahaya terang, dan kelemahan anggota gerak.

Anda juga wajib membedakan antara sakit kepala dengan keluhan pusing. Pusing diartikan sebagai perasaan berputar, baik lingkungan sekitar tampak berputar atau tubuhnya. Dikenal dengan vertigo. Oleh karena itu, kenali betul keluhan yang anda rasakan. Ketika anda keliru menyampaikan keluhan kepada dokter,keliru pula pengobatan yang diberikan.

Semoga penjelasan singkat diatas bermanfaat.

Penulis : Abdiyat Sakrie, S.Ked (Dokter Muda FK UGM)

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

Leave a Reply