Kulit Sensitif Dan Jerawat Yang Banyak

kulit sensitif jerawat

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum, saya memiliki kulit yang cukup sensitif, jika terkena debu atau tangan yang kurang bersih muka langsung gatal dan bisa timbul jerawat, jerawat terkadang langsung bengkak dan menghitam, namun tidak berisi, kalaupun berisi sedikit minyak. serta bekas jerawat akan menjadi hitam dan susah sekali hilang. bagaimana menjaga kebersihan muka, kalaupun ada yang tradisional menggunakan apa ya? dan bagaimana menghilangkan bekas jerawatnya? saya pernah baca menggunakan kayu manis untuk menghilangkan bekas jerawat, apakah benar?

Jawaban:

Walaikumussalam,

Semoga anda diberi kesabarab dan pahala, karena memang memiliki kulit sensitif agak merepotkan dan membuat tidak nyaman. Perlu perawatan dan perhatian ekstra. Kulit sensitif bisa terjadi pada setiap semua tubuh, akan tetapi umumnya seringwajah, tangan dan kaki.

Sebabnya secara umum  karena  kulit tidak cukup memproduksi sebum (minyak), sehingga kulit tidaka da pelindung dan gampangkeringan dan iritasi.

Penyebab khususnya bermacam-macam

-hormon yang tidak seimbang,  bisa akibat hamil stres dan usia tua

-memakai Kosmetik yang berlebihan atau kosmetik yang tidak cocok dengan kulit. Karena kosmetik bisa menutup pori-pori yang mengeluarkan sebum (minyak) kelenjar berfungsi dengan baik.
-Pola makan yang tidak sehat, kurangnya nutrisi untuk kulit kemudian makan-makananya yang tidak baik untuk sekahatan kulit dan kurangnya minum sehingga kulit menjadi kering

-tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan cuaca. Karena suhu dan kelembaban udara  bisa mempengaruhi kulit pada produksi keringat dan kelembaban kulit

 

Anda bisa memeriksakan diri anda dan kebanyakan juga kulit sensitif paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon karena stressor.

Ada beberapa cara menangani kulit sensitif:

-temukan penyebab utamanya, anda bisa memeriksakan diri ke dokter

-jika  kulit sedang iritasi,bersihkanlah wajahdengan air. Gunakan air suhu normal karena air dingin atau air hangat karena suhu ekstrem dapat mengiritasi kulit secara cepat

-sebaiknya awal-awal gunakan peroduk yang mengandung herba alami, seperti chamomile dan aloe vera, yang berfungsi sebagai anti-iritasi.

-hindari pemakaian pembersih wajah yang bisa mengikis epitel kulit. Jika kulit berminyak, gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid untuk membuka sumbatan pori.

-Hindari juga penyegar wajah dengan komposisi alkohol,gunakan yang mengandung  lavender atau witch hazel.

 

Untuk menghilangkan jerawat pada kulit yang senstif memang agak susah perlu pengawasan dan terapi khusus. Karena kasusnya bisa terjadi radang, apakah perlu salep antibiotik. Untuk lebih lanjutnya sebaiknya anda memeriksakan ke dokter spesialis kulit.

 

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

dr. Raehanul Bahraen

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

View all posts by dr. Raehanul Bahraen »

Leave a Reply