Makanan Sehat Buat Ibu Hamil

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kehamilan merupakan kondisi tubuh yang membutuhkan perhatian khusus, dimana baik nutrisi, kesehatan, dan asupan makanan menjadi perhatian. Ibu hamil tidak boleh diberikan makanan sembarangan, dan berbagai asupan sembarangan. Karena semua asupan yang masuk ke dalam tubuh, akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. Berikut tips makanan sehat buat ibu hamil.

Makanan Sehat Buat Ibu Hamil

  1. Jangan Lupa Sarapan Pagi

Cobalah makanan fortifikasi, yang dimasak cepat dan siap dimakan seperti sereal dan buah-buahan. Sereal fortifikasi adalah makanan tambahan yang terkandung kalsium tinggi. Jika anda merasa sakit, cobalah makan gandum putih. Makanlah makanan yang agak banyak pada pagi hari.

  1. Makanlah Makanan dengan Serat tinggi

Pilihlah berbagai sayuran, buah seperti wortel, pisang, melon dan sayuran hijau. Selain itu anda dapat makan gandum dan kacang putih. Cobalah outmeal atau nasi merah.

  1. Makanlah Snack yang Sehat

Yogurt buah yang rendah lemak sangat bermanfaat. Kraker gandum dengan rendah lemak juga baik.

  1. Minumlah Asam Folat dan Zat Besi Setiap Hari

Zat besi akan menjaga kesehatan darah, sedangkan asam folat akan membantu mencegah defek lahir seperti spina bifida, anensepali dan kelainan syaraf lainnya.

  1. Makanlah lebih dari 4.5 Kg seminggunya ikan dan kerang laut

Makan lah banyak ikan dan kerang laut namun hindaru makanan laut yang mengandung tinggi merkuri (raksa). Jangan makan hiu, ikan mackerel, dan ikan runcing. Jika anda makan tuna, pilihlah tuna yang kecil. Tuna putih sangat tinggi mengandung merkuri. Ikan yang rendah merkuri contohnya: salmon, udang dan ikan lele.

  1. Hindari Keju Halus dan Makan siang dengan Daging

Beberapa makanan memiliki bakteri yang berbahaya bagi bayi. Hindarilah maka keju halus, termasuk keju dari susu kambing. Daging dan ikan yang tidak dimasak (seperti sushi) harus di hindari juga. Makanlah daging yang dimasak dengan matang.

  1. Batasi Minum Alkohol dan Kafein

Makanlah kopi dan teh yang tidak mengandung kafein. Minumlah air dan hindari soda. Hindari kopi dan teh yang mengandung kafein. Jangan pernah minum Alkohol.

Demikian tips makanan sehat untuk ibu hamil. Apa bila ada pertanyaan, silahkan tulis di komentar. Ibu hamil harus senantiasa sehat, dan mendapat asupan yang baik. Hal ini demi nutrisi ibu hamil dan tentunya buat janin yang dikandungnya.

Share.

About Author

Medical, Research and Qur'an. Alumni Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Semoga Anda mendapat manfaat dari Tulisan dan Website ini. Mengakar kuat, Menjulang Tinggi.

Leave A Reply