Memakai Gelang Untuk Kesembuhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pertanyaan :

Bagaimana hukum memakai gelang tangan untuk mengobati penyakit rematik?

Jawaban

Ketahuilah, sesungguhnya obat adalah sebab kesembuhan. Adapun yang menciptakan sebab itu sendiri adalah Allah Ta’ala. Maka tidaklah ada sebab kecuali apa yang Allah jadikan sebagi sebab. Dan sebab yang diciptakan oleh Allah ada dua macam.

Pertama: Sebab Syar’i, seperti al-Qur’an dan doa, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang surah al-Fatihah,

وَمَا یُدْرِیْكَ أَنَّهَا رُقْیَةٌ

Tahukan engkau sesungguh ia (surah al-Fatihah) adalah ruqyah?

Manakala Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam meruqyah orang sakit dengan mendoakannya, maka Allah Ta’ala menyembuhkan orang yang Dia kehendaki dengan sebab doa beliau.

Kedua: Sebab Hissiyah, seperti obat-obatan yang sudah diketahui melalui syariat seperti madu, atau diketahui lewat penelitian seperti mayoritas obat saat ini. Dan obat tersebut khasiatnya harus lewat penelitian secara langsung, bukan lewat khayalan atau anggapan-anggapan. Apabila khasiatnya telah terbukti dan dirasakan secara langsung, maka tepat dijadikan sebagai obat yang dapat menyembuhkan dengan izin Allah.

Adapun jika sekedar persangkaan atau anggapan orang sakit, yang mana karena persangkaan atau anggapan tersebut perasaannya menjadi lapang sehingga penyakitnya terasa ringan, atau ia merasakan kebahagiaan sehingga penyakitnya itu sembuh, maka tidak boleh bersandar pada perkara semacam ini dan ia tidak bisa dijadikan sebagai obat. Seseorang tidak boleh bersandar pada persangkaan atau anggapan. Oleh karena itu, dilarang memakai gelang, benang, dan sejenisnya untuk menyembuhkan atau menolak penyakit, dikarenakan hal tersebut bukanlah sebab yang jelas yang dapat dibuktikan secara langsung. Sesungguhnya menjadikan hal tersebut sebagai sebab adalah perbuatan melawan kekuasaan Allah Ta’ala dan termasuk perbuatan syirik, dimana pelakukanya telah menyekutukan dirinya dengan Allah dalam meletakkan sebab musabbab. Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah telah menjelaskan perkara ini dalam Kitabut Tauhid dalam bab: Termasuk syirik memakai gelang, benang, dan sejenisnya untuk menolak bala’ dan yang lain.

Aku tidak menganggap gelang yang diberikan ahli farmasi kepada penderita rematik yang disebutkan dalam pertanyaan ini termasuk dalam perkara yang telah disebutkan di atas, karena gelang tersebut secara syar’i atau kasat mata tidak diketahui pengaruhnya secara langsung dalam menyembuhkan penyakit rematik sehingga layak diterapkan. Maka orang sakit tidak boleh memakai gelang ini sampai diketahui tujuan dan khasiat penggunaannya. Wallahul muwaafiq.

[Samahatus Syaikh ‘Abdullah bin Jibrin Rahimahullah]

 

Sumber            :  Al-Ajwibatun Nafi’ah Lil ‘Amiliin fil Majaalit Thibbi

Penulis             : Ibrahim Ismail Ghanim (Abu Abdirrahman)

Penerjemah      : dr. Supriadi

 

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Share.

About Author

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Alhamdulillah di sela-sela kuliah bisa ikut belajar Bahasa Arab di Madrasah Imam Ahmad bin Hambal Semarang. Aktivitas saat ini sebagai dokter umum di RSUD Propinsi di Sumbawa Besar dan aktif menulis artikel kesehatan Islam.

Leave A Reply