Menanggulangi Batuk dan Pilek pada Ibu Menyusui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Assalamualaykum, Dokter, saat ini istri saya sedang menyusui anak kami yang masih umur 2 bulan. Qodarulloh, awalnya saya yang kena flu, batuk pilek, jadi anak saya yang pertama juga terkena dampaknya ( sudah kami bawa ke dokter). Sekarang giliran istri saya yang sakit, dan nampaknya anak saya yang kecil ( usia 2 bulan ) juga terkena karena hari ini suka muntah bila habis minum ASI. Dokter mohon saran dan nasehatnya obat apa yang aman di konsumsi untuk istri saya yang sedang menyusui. Disamping karena kondisi ekonomi menemukan dokter wanita masih langkah di desa kami. Mohon saran dan petunjukknya. Jazakallahu khairan katsiro.. Wassalamualaikum.

 

Jawab:

 

Wa’alaikumsalaam wa rohmatullaahi wa barokaatuh

Gangguan berupa batuk dan pilek pada ibu menyusui sangat rentan menular pada bayi yang sedang menyusu kepada ibunya tersebut. Bahkan kepada orang disekitar mereka seperti anggota keluarga lainnya yang tinggal serumah. Gangguan tersebut biasanya dapat mereda dengan sendirinya pada hari ke 7-14 sejak terjadinya gangguan. Jika ibu menyusui mengalami batuk pilek, berikut saran kami dalam menanggulanginya:

  1. Sabar dan berpikir positif dalam menjalani gangguan kesehatan tersebut
  2. Istirahat yang cukup
  3. Banyak minum air bening terutama air hangat dengan membaca Al Fatihah dan meniupkannya pada air tersebut.
  4. Berjemur dengan mendongakkan kepala dan mulut dibuka sehingga lubang hidung dan mulut terkena sinar matahari sekitar 5 – 10 menit pada jam 8-9 pagi.
  5. Mandi air hangat
  6. Hindari terpapar udara dingin seperti bepergian dengan motor, penggunaan AC dan kipas angin
  7. Menghirup uap panas dari air panas dalam suatu bejana
  8. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh seperti buah jeruk dan tomat.
  9. Minum obat dengan teratur jika flu terasa makin berat, seperti sakit kepala, demam, hidung tersumbat, pilek, dan batuk seperti paracetamol, efedrin, klorfeniramin maleat dan dextrometorfan atau ambroxol untuk batuk berdahak.
  10. Jangan meminum obat yang mengandung bahan codeine, dihydrocodein, hydromorphone, hydrocodone, pseudoephedryn, dan phenylephirin yang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI.
  11. Berdoa kepada Allah agar menyembuhkan gangguan kesehatan yang dialami.
  12. Tawakkal kepada Allah.

 

Demikian nasehat kami tentang penggulangan gangguan batuk dan pilek pada ibu hamil. Semoga Allah memberi kesehatan dan keselamatan kepada Anda dan keluarga.

 

Dijawab oleh : dr. Henri Perwira Negara

 

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.