Mengapa Bisa Batuk Berdahak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Batuk ada dua jenis yaitu batuk berdahak dan batuk tidak berdahak atau batuk kering. Perlu diketahui bahwa terapi kedua batuk ini berlawanan. Karena batuk berdahak tujuan terapi adalah agar dahak keluar dan mendorong batuk, sedangkan batuk kering tujuan terapinya untuk menenkan batuk.

Untuk itu jika ada yang bertanya apa obat batuk maka cukup penting dilakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui jenis batuknnya. Tidak bisa kita menentukan terapi hanya dengan anamnesis jarak jauh saja.

Dahak yang berlebihan di tenggorokan itu bisa jadi karena adanya proses peradangan pada saluran pernapasan atau sekitarnya. Dahak adalah kumpulan cairan mukosa, sel-sel yang mati serta berbagai macam cairan peradangan (eksudat dan transudat). Intinya menunjukkan adanya proses peradangan di daerah tersebut.

Proses peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya infeksi atau reaksi alergi tertentu. Oleh karenanya sebabnya harus dicari mengingat anda sudah sering mengalaminya. Jika sesekali mungkin tidak mengapa, artinya tubuh masih bisa merespon dan melakukan penyembuh diri sendiri. Akan tetapi jika terus-menerus dan banyak dahak yang dihasilkan bisa jadi ada penyebab eksternal yang memacu.

Kami sangat menyarankan untuk batuk lama dan kronis agar segera memeriksakan ke dokter terdekat. Dengan mengetahui jenis batuk dan penyebabnya, terapi akan diketahui dengan maksimal.

 

Penyusun: dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

 

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Share.

About Author

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.