Mengenal 9 Tanda Bahaya Pada Kehamilan

tanda bahaya kehamilan

Setiap ibu hamil tentu menginginkan bisa menjalani kehamilannya dengan lancar. Selain perlu mengetahui hal-hal yang biasanya menyertai jalannya proses kehamilan, ibu hamil juga perlu mengenali beberapa tanda bahaya pada kehamilan supaya bisa segera mencari pertolongan medis. Berikut ini, akan dibahas 9 tanda bahayapada kehamilan yang perlu kita ketahui.

1.         Mual dan muntah berlebihan (hiperemesis gravidarum)

         Hiperemesis gravidarum adalah mual dan muntah berlebihan pada saat hamil sehingga mengganggu pekerjaan sehari-hari dan menyebabkan keadaan umum tubuh ibu hamil memburuk. Sebenarnya mual dan muntah merupakan hal yang biasa dialami oleh ibu hamil pada kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama kehamilan), kurang lebih pada 6 pekan setelah haid terakhir dan umumnya terjadi selama 10 pekan. Akan tetapi, mual dan muntah ini akan menjadi masalah yang sangat mengganggu jika terjadi secara berlebihan, yaitu ketika terlalu sering dan parah (bisa sama sekali tidak bisa makan/minum) dan bertahan lebih lama (bahkan kadang terjadi selama sembilan bulan penuh). Mual dan muntah yang terus-menerus akan menyebabkan terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan) dan kekurangan kadar mineral dalam tubuh karena banyak cairan tubuh keluar lewat muntahan. Di samping itu, hiperemesis juga bisa mengakibatkan rusaknya organ hati dan robeknya selaput lendir kerongkongan dan lambung (sindrom Mallory-Weiss) sehingga terjadi perdarahan di saluran cerna. Jika tidak dirawat dan mendapat penanganan yang memadai, hiperemesis bisa menjurus pada kekurangan gizi dan dapat membahayakan ibu serta janin yang dikandungnya.

 

2.      Kurang darah (anemia)

Anemia ditandai dengan lemah, letih, lesu, pucat, pusing (kadang berkunang-kunang) dan sering sakit-sakitan. Anemia atau kurang darah merupakan salah satu penyebab utama kematian ibu. Ibu hamil yang anemia tidak dapat me­menuhi kebutuhan tubuh ibu dan janin akan nutrisi dan oksigen yang dibawa dalam darah, sehingga pertumbuhan janin terganggu. Pada saat melahirkan, wanita yang menderita anemia dapat mengalami syok karena kehilangan banyak darah dan bahkan berisiko pada kematian.

 

3.      Berat badan ibu hamil tidak naik

Selama kehamilan, ibu hamil di­harapkan mengalami penambahan berat badan sedikitnya 6 kg. Ini seb­agai petunjuk adanya pertumbuhan janin. Tidak adanya kenaikan berat badan yang diharapkan menunjuk­kan kondisi gizi yang buruk pada ibu hamil dan menunjukkan adanya pertumbuhan janin yang terhambat.

 

4.      Nyeri kepala, gangguan penglihatan, kejang dan atau koma, tekanan darah tinggi

Gejala-gejala tersebut dapat merupakan pertanda adan­ya preeklamsi. Bi­asanya terjadi pada usia kehamilan 20 pekan (akhir trimester 2 atau pada trimester 3) walau juga dapat dijumpai lebih awal. Preeklamsi dapat diikuti terjadinya eklamsi yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

 

5.      Gerakan janin berkurang atau tidak ada

Sejak usia kehamilan 5 bulan, ibu sebaiknya memantau gerakan janin. Gerakan janin diharapkan dirasakan oleh ibu 3 kali setiap jam. Jika ibu merasakan kurang dari itu, menun­jukkan bayi tidak aktif, harus berkon­sultasi dengan bidan atau dokter.

 

6.      Penyakit Ibu yang berpengaruh terhadap kehamilan

Beberapa ibu yang memiliki penyakit seperti kencing manis (diabetes mellitus), penyakit jantung, anemia, dan penyakit lain yang bisa berpengaruh pada kehamilan, hendaknya sering kontrol dan berkonsultasi dengan dokter. Hal ini untuk meminimalisir akibat buruk yang bisa muncul dan membahayakan jiwa ibu maupun janin yang dikandung. Bahkan, dianjurkan untuk mempersiapkan diri ketika merencanakan untuk hamil.

 

7.      Ketuban pecah dini (KPD)

Ketuban pecah dini adalah keluarnya cairan ketuban dari vagina setelah kehamilan berusia 22 pekan. Ketuban dinyatakan pecah lebih dini jika terjadi sebelum proses persalinan berlangsung.

Jika ibu hamil mengalami ketuban pecah dini, hendaknya segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter, karena kondisi tersebut dapat mempermu­dah terjadinya infeksi pada kandun­gan yang dapat membahayakan ibu maupun janinnya.

 

8.      Perdarahan

Perdarahan dapat terjadi pada usia kehamilan berapapun, dan bisa menjadi pertanda adanya bahaya yang mengancam, baik pada ibu maupun janin yang dikandung. Perdarahan pada awal kehamilan dapat merupakan tanda keguguran. Perdarahan pada usia kehamilan 4-9 bulan dapat menunjukkan plasenta letak rendah dalam rahim dan dapat menutup jalan lahir. Perdarahan pada akhir kehami­lan dapat merupakan tanda plasenta terlepas dari rahim. Perdarahan yang hebat dan terus menerus setelah melahirkan dapat menyebabkan ibu kekurangan darah dan merupakan tanda bahaya dimana ibu bersalin harus segera mendapat pertolongan yang tepat dari bidan atau dokter.

 

9.      Demam tinggi

Demam tinggi dapat disebabkan karena infeksi atau penyakit lain. Hendaknya ibu hamil yang mengalami demam tinggi segera memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat penanganan yang tepat terkait demam yang dialaminya. Demam tinggi yang tidak ditangani dengan tepat dapat meningkatkan risiko terjadinyapersalinan prematur.

 

KONTROL KEHAMILAN SECARA TERATUR

Sudah semestinya ibu hamil memperhatikan kondisi kesehatan dan keselamatan dirinya sekaligus janin yang dikandungnya. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk rutin kontrol ke bidan atau dokter, supaya kehamilan bisa lancar dan selamat sampai dengan persalinan. Ibu hamil hendaknya juga banyak berkonsultasi dan mencari tahu mengenai masalah yang mungkin muncul pada saat kehamilan. Dengan begitu, ibu hamil dapat mengambil langkah yang tepat untuk menghadapinya. Demikian penjelasan mengenai tanda bahaya pada kehamilan. Semoga bermanfaat

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

dr. Avie Andriyani

Alumni Fakultas Kedokteran UGM. Saat ini aktif menulis berbagai artikel kesehatan. Di antara tulisan yang sudah dibukukan adalah buku Panduan Kesehatan Wanita

View all posts by dr. Avie Andriyani »

89 Comments

  1. rini prayitno says:

    Dok,saya hamil 8 minggu,mengeluarkan darah sudah 2x ganti pembalut. Apa yang harus saya san suami lakukan? Jika memang mengarah pada abortus dan diharuskan dikuret, saya trauma untuk dilakukan kuret kembali (kuret kira kira 2 bln yang lalu). Apakah masih bisa dipertahankan kehamilan saya atau ada alternatif lain selain dikuret?

    • Untuk memastikan sudah terjadi abortus atau tidak, sebaiknya Anda periksa ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG. Jika memang kehamilan masih bisa dipertahankan, biasanya dokter akan memberi obat penguat kandungan dan menyarankan Anda untuk bedrest total. Akan tetapi, jika memang sudah terjadi abortus, kalau masih ada sisa janin yang berada di dalam kandungan harus dikeluarkan. Biasanya diberikan obat terlebih dahulu. Namun jka belum bisa bersih, memang perlu dilakukan kuret.

  2. yuni arsih says:

    dok, saya hamil 26 minggu, gerakan janin saya berkurang, terus setiap saya rasakan gerakan ada yang beda, kenepa ya dok?

    • dr. Avie Andriyani says:

      Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan kepada kami. Apa yang saudara yuni rasakan sebenarnya adalah hal biasa, yaitu ketika gerakan janin dari waktu ke waktu terasa berbeda. Hal ini bisa dimaklumi krn janin juga memiliki waktu istirahat dan waktu aktif. Begitu jg dengan jenis gerakan yg terasa berbeda, seperti memukul, menendang, mengayuh, dll. Utk itu, saudari yuni tidak perlu khawatir. Yang penting adalah tetap menghitung gerakan janin secara teratur, yg bisa dimulai ketika janin berusia 28pekan. Caranya dgn merilekskan diri kemudian mulai menghitung gerakan janin selama 2 jam. Jika dlm waktu 2jam gerakan kurang dr 10 kali, maka sebaiknya anda makan camilan atau melakukan gerakan ringan utk menstimulasi gerakan janin. Namun jika janin tetap jg tidak bergerak, maka sebaiknya Anda segera menemui dokter kandungan atau bidan terdekat. Demikian jawaban dari kami. Semoga bisa membantu.

  3. yanto says:

    Dok saya barusan berhubungan intim dengan istri saya, setelah selesai ada keluar lendir dan darah kira2 5ml tapi istri saya tidak merasakan sakit.. Apakah bisa berbahaya bagi kandungannya dok? Tlg di reply ya dok

    • dr. Avie Andriyani says:

      Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan kepada kami. Sayang sekali saudara yanto tidak menyebutkan pada usia kehamilan berapa pekan. Pada awal kehamilan, pada beberapa ibu hamil terjadi pengeluaran bercak darah. Pada asalnya, selama darah yang keluar pasca senggama hanya satu kali saja (tidak berulang/terus menerus), tidak disertai kontraksi berlebih dan rasa sakit maka tidak perlu terlalu khawatir. Kemungkinan besar darah yang keluar merupakan akibat gesekan. Mungkin karena terlalu tegang (istri Anda khawatir dengan keadaan janin ketika senggama) maka organ intimnya belum siap (produksi lendir/pelumasnya kurang). Namun demikian, untuk lebih memastikan, kami sarankan untuk memeriksakan kondisi kandungan istri Anda ke bidan atau dokter kandungan terdekat.

  4. yuni arsih says:

    dok, saya hamil 26minggu berat janin nya 1kg 1 ouns,,,,
    berapakan berat janin yg normal dok?
    apakah berat janin saya kebesaran dok
    ?

  5. dr. Avie Andriyani says:

    Pada usia kehamilan 26 minggu berat badan janin normal berkisar sekitar 900 gram. Satu hal yang perlu diingat, berat badan janin yang disebutkan oleh bidan/dokter ketika kontrol pada asalnya hanyalah perkiraan saja. Sehingga sangat mungkin ada perbedaan dengan kondisi nyatanya. Maka dari itu, tidak perlu terlalu khawatir. Yang penting ibu yuni selalu kontrol kehamilan secara teratur sehingga bisa memantau perkembangan janin. Kami sarankan untuk tetap makan dengan pola makan sehat dalam jumlah yang cukup (tidak kurang dan tidak berlebihan) karena berat badan janin ditentukan oleh banyak faktor, antara lain faktor genetik (keturunan dari kedua orangtua) dan pola makan ibu (termasuk kuantitas dan kualitas. Tidak perlu melakukan diet apalagi sampai tidak mau makan karena khawatir bayinya besar. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

  6. yuni arsih says:

    dok sya mau tnya? wktu itu sya gag tau klu sya sdang hmil lalu sya pjat tp bkan ke dkun pjat mlainkan ke tkang pjat biasa, wktu itu usia knduganx 18 mggu sya kwatr dok tkut trjdi apa2 ma jninx, klau msalkn gag mau mkan sma skli apa akn membhyakn janinx dok.

  7. Veybi says:

    Dok, sdh 3bln lbih ini tmn sya tdk mendapatkan haid, dan dia blm TP atw priksa ke dr. Yg sering dia rasakan, sering capek, mual, pusing, sakit kpla dan sering merasakan sakit perut dan terus pngen BAB apabila dia mkn mkan yg pedas. Berat bdannya menurun dan dia mkn sdkit tdk sprti biasanya mknnya bnyak. Dia juga sering sakit diperut bwh pusar.
    Apakah itu tndanya hmil?
    Mohon reply nya dok. Makasih

  8. dr. Avie Andriyani says:

    # yuni arsih
    terima kasih atas pertanyaan yang diajukan kepada kami. Allah subhanahu wa ta’ala telah merancang anatomi tubuh manusia dengan begitu sempurna. Salah satunya adalah kondisi rahim yang sangat kuat dan mampu melindungi janin dari pengaruh luar. Kalaupun terjadi sesuatu pada janin akibat proses pemijatan, maka tubuh sudah dirancang untuk mengirimkan sinyal pada ibu hamil, baik berupa rasa nyeri di perut atau perdarahan per vaginam. Namun demikian, ada baiknya Anda menghindari pemijatan pada daerah perut dan rutin memeriksakan kondisi janin ke dokter atau bidan trdekat. Mengenai masalah ibu hamil yang tidak mau makan sama sekali maka tentu saja akan berpengaruh tidak hanya pada bayi tapi juga pada daya tahan ibu hamil juga. Padahal, kondisi ibu hamil harus diusahakan supaya kuat untuk persiapan proses persalinan nantinya. Untuk itu, kami sarankan untuk makan sedikit2 namun sering daripada tidak mau makan sama sekali. Asupan makanan yang tidak memadai akan berpengaruh dan mengganggu pertumbuhan, perkembangan, dan tentunya kecerdasan anak nantinya. Demikian jawaban dari kami. Semoga bisa membantu

  9. dr. Avie Andriyani says:

    # veybi :
    Ada 2 macam tanda kehamilan, yaitu tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda kehamilan tidak pasti meliputi : tidak haid, mual muntah, mengidam, gangguan buang air besar, sering buang air kecil, pusing hingga pingsan, tidak nafsu makan, perubahan warna kulit menjadi lebih gelap, keputihan, gusi bengkak, perubahan payudara menjadi lebih tegang dan membesar, pembesaran perut, dan hasil tes pack positif. Sedangkan tanda kehamilan pasti antara lain pada perabaan perut bisa dirasakan adanya janin dan gerakan janin, bila didengarkan menggunakan alat doppler maka akan terdengar detak jantung janin, dan pada pemeriksaan usg terlihat gambaran janin. Untuk itu, apa yang dirasakan oleh teman veybi itu baru sebatas tanda kehamilan tidak pasti. Jika memang sudah terlambat haid sampai 3 hulan sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan utk dilakukan pemeriksaan dgn usg. Semakin dini kehamilan terdeteksi diharapkan ibu hamil bisa segera minum suplemen khusus ibu hamil, menjaga kehamilannya, tidak minum obat sembarangan, kontrol teratur, dan mempersiapkan diri dalam menyambut kelahiran anaknya. Kalaupun ternyata tidak hamil, teman veybi bisa mendapatkan pengobatan atas keterlambatan haidnya. Demikian penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat.

  10. yuni arsih says:

    dok knapa ya stiap bgun tidur perut saya itu sakit, kadang perut saya itu rasax kram trus keras, kalau misalx tidurx itu miring gag pa2 ya dok

  11. Ani says:

    Selamat malam dok,saya mau tnya,usia kandungan saya skarang jalan 3bulan,kenapa ea dok kalo saya abis bngun tidur atau lg tiduran maaf bokong sbelah kanan saya sering sakit,kalo jalan apalagi kalo mau jongkok ampe nda kuat,dan saya harus nunggu brp menit dlu,itu knp ea dok,trus pengaruh nda sma kandungan saya,dan obatnya apa ea dok,makasih

  12. Kamalia dewi says:

    Dokter saya mau tanya, saya punya riwayat torch, dgn igg toxo +20, igg rubella +90 dan igg cmv + 40. Tetapi igm nya negatif semua. Kemudian saya pernah hamil 2x, yg pertama keguguran usia 3bln dan yg kedua janin meninggal usia kandungan 5bln.kemudian sama dokter kandungan saya diberi obat isoprenosine slama 2bln.diminum setiap 2hari dlm 1minggu. 4 x 1. Mengingat riwayat saya yg demikian dan 4bln stelah dikuret dan sekarang saya ahlamdullilah sudah hamil lagi.tapi masih cemas, karena dokter kandungan saya agak2 pesimis dgn kehamilan saya yg sekarang.dokter mohon penjelasannya, apakah msh perlu saya minum obat tersebut dan apakah cukp mengkhawatirkan kehamilan saya saat ini?

  13. tina says:

    mlm dok, saya mau tanya berapa lama atau normal y kita sudah bisa tau hamil setelah melakukan hungang intim dok, times.

  14. dewi says:

    Sore dok, saya sedang memasuki kehamilan 6 bulan, tp kok saya blm merasakan pergerakan janin y kok, cm ketika di usia kehamilan 4-5 bulan hanya terasa kesetrum di perut gt tp ga tentu,
    Sedang pada posisi 6 bulan ini perut saya hanya terasa seperti bnyk gas tp dibeda2 tempat seringnya dikanan, apa itu wajar?

  15. man says:

    dok , isteri saya hamil 14 minggu tapi kenapa ada darah coklat yg keluar . suda berlarutan selama 4 hari tapi cuma sedikit .apakah ini bisa merbahayakan bayi dlm perut .

  16. dr. avie andriyani says:

    @ yuni arsih :
    Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika merasakan adanya tekanan di perut bagian bawah selama tidak ada nyeri, perdarahan, dan gejala lain terkait dengan keguguran atau kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan). Tekanan yang Anda rasakan di perut bagian bawah ini kemungkinan besar karena tubuh menangkap sinyal perubahan di perut bagian bawah yang merupakan lokasi rahim saat ini. Apa yang Anda rasakan merupakan sensasi penanaman embrio di dinding rahim, bertambahnya aliran darah, menebalnya lapisan dinding rahim, dan bertambah besarnya ukuran rahim. Ada beberapa solusi untuk mengatasi keluhan di perut seperti kram atau tertekan, antara lain :
    • Gunakan pakaian yang nyaman (tidak ketat).
    • Ganti celana dalam Anda dengan ukuran yang lebih sesuai supaya tidak menambah tekanan pada perut.
    • Konsultasikan dengan dokter Anda jika keluhan ini bertambah parah atau disertai gejala lain seperti nyeri, perdarahan, dan lain-lain.
    • Tidur berbaring miring diperkenankan bahkan dianjurkan.

    @ ani :
    Rasa sakit atau nyeri yang dirasakan di bagian pantat kemungkinan besar karena tekanan yang tidak berimbang pada satu sisi bagian tubuh saja. Koreksi posisi tidur, duduk, berdiri, dan jalan. Untuk mengurangi nyeri, Anda bisa mengompres bagian yang nyeri dengan handuk dan air hangat. Jika sangat menggangu (sampai tidak bisa beraktivitas) boleh saja mengonsumsi obat analgesik seperti parasetamol misalnya, insyaallah aman untuk kehamilan.

    @ Kamalia dewi :
    Karena kehamilan sudah terjadi, maka kami menyarankan ibu Kamalia untuk menerima dan mensyukuri saja kehamilan tersebut. Ibu perlu banyak berkonsultasi dan rutin kontrol ke dokter kandungan. Tidak perlu stress dan hindari khawatir berlebihan. Nikmati saja kehamilan ibu yang sekarang. Mengingat IgM nya negatif, maka ibu bisa sedikit lega. Namun demikian, tetap pantau terus kondisi kehamilan tentunya diiringi dengan tawakal kepada Allah.

    @ tina :
    Supaya hasilnya lebih akurat, sebaiknya menunggu hingga terlambat haid, yaitu paling tidak setelah 1 pekan terlambat haid sehingga kadar hormon HCG bisa terdeteksi dengan baik.Namun demikian, tingkat akurasi suatu alat (tes pack) berbeda tergantung merk nya dan juga dipengaruhi dengan proses ketika melakukan tes (cara pakai yang salah dan sebagainya). Untuk lebih memastikan, sebaiknya diperiksakan ke dokter atau bidan terdekat. Jika tersedia USG, bisa dilakukan pemeriksaan setelah terlambat haid selama 4 pekan supaya kantung kehamilan (gestational sac) bisa terlihat.

    @ dewi :
    Gerakan janin tidak selalu berupa tendangan seperti kebanyakan cerita dari para ibu hamil. Terkadang gerakannya seperti ada sesuatu yang merayap, sundulan kecil, dan berbagai macam variasi gerakan. Semua gerakan itu tidak selalu dirasakan oleh ibu hamil karena mungkin munculnya ketika ibu tersebut sedang beraktivitas sehingga tidak menyadari. Bisa juga gerakan janin muncul ketika ibu sedang tertidur lelap. Namun demikian, ibu hamil tetap perlu melakukan penghitungan gerakan janin dan melaporkannya pada dokter atau bidan jika memang ada masalah.

    @ man :
    Keluarnya bercak coklat ketika hamil bisa ditemui pada beberapa kehamilan. Tidak perlu khawatir selama flek tersebut tidak disertai rasa nyeri dan jumlahnya relatif sedikit. Namun demikian, sebaiknya istri bapak mengurangi aktivitasnya dan berbaring di tempat tidur hingga tidak keluar flek lagi. Jika masih saja keluar flek meski sudah mengurangi aktivitas, sebaiknya diperiksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

  17. sri purwati says:

    selamat siang dok……
    saya mau tanya ne….
    ibu saya kan baru hamil anak pertamanya, dan usia kandungannya sekarang mau memasuki bln ke 4,tapi setiap bulannya dia sellau menegeluarkan darah seperti mens dan bisa 2 sampai 3 hari…..

    wda di periksakan ke dokter kandungan katanya bayinya gak ada masalah….
    cman kita takutnya ada apa” gitu dok…..

    sebenernya itu berbahaya gak dok????
    apa yang harus kita lakukan supaya darah itu gak keluar lagi…..

    terima kasih dok……

  18. ela says:

    Dok mau nanya, saya hamil 22 minggu tapi BB saya tidak naik, sedangkan ukuran berat janin saya 538 G

    bermasalah dak dok

    apa yang harus saya lakukan ?

  19. ivah says:

    Dok..sy mau tanya..kehamilan sy skr sdh berusia 8bulan…dan sy sering mengalami nyeri perut bagian bawah yg terasa hgga kandung kemih..perut sy juga banyak kali terasa sangat keras dan tegang begitu dok shg terasa sakit…pd kehamilan anak prtma sy gejalanya yg sy rasakan tdk sedemikian sprti sakit yg sering sy rasakan skr….ap itu artinya bayi akn segera lahir?tapi sy kan baru berusia hamil 8 bulan dok..apa berbahaya…dan ini sy rasakan sejak usia kehamilan 7 bulan…mskasih dokk

  20. Anis says:

    Dok saya mau nanya dok.. Jadi usia kandungan saya ud 14minggu tapi tidak terlihat seperti orng hamil dok.. Dan hanya ada tonjolan di perut bagian bawah diatas V? Apa itu wajar dok? Saya udah 14minggu tapi berat badan ga naik dok.. Bagaimana ya dok?

  21. siti aminah says:

    Pagi dok…saya mw tnya dok saya hamil 2 bln tp berat badan saya gk naik.trus klo sering mlakukan hubungan intim sma suami saya kira” brbahaya gk sm janin saya,kadang saya kpikiran tkut da apa” dg janin saya. Trus klo mlakukan itu psti prut saya skit x dok dan mual.
    Stiap brkemih psti prut saya skit x smpek saya gk kuat nahan a?
    D replay y dok.maksih

  22. Nurul says:

    Dok,, sy mw tanya,,
    saya merasakan kram di prut bagian bwh,,,
    di test ke doktr hasil nya psitif tp garis kedua nya samar???
    Apakah sy bnr2 hmil?? Saya merasakan sprti layak nya ibu hamil,, mual, muntah, ngidam,dll.. Sy tlt haid sdh 1bln lbh
    mohon reply nya dok

  23. herman to says:

    Selamat siang Dok.,.,., saya mau taya,,, istri saya hamil 3 bln,,, istri sy tiap hari muntah,,badan terasa lemes,pusing… Dan ga doyan makan.,.,.,., itu bahaya ga dok.,.,.,??

  24. Aisha says:

    Assalamualaykum dok… Saya hamil 3 bulan… Dan saya mengalami apa yang terjadi pada ciri” diatas… Termasuk mual dan muntah hingga tidak ada yang bisa di makan… Hb rendah beserta darah yang semakin menuun… Dan bb juga semakin menurun… Terakhir sudah turun 8 kg… Air putihpun tidak bisa masuk dok… Setiap minum seperti air masih ada di dada dan setelah itu muntah… Setiap kontrol diberikan obat anti mual akan tetapi tidak ada perubahan… Kami menyiasati dengan minum sati kurma saja… Apakh nanti akan berpengaruh dengan janin saya dok… Karena hanya itu yang bisa masuk… Jaazakillaahu khayran dokter…

  25. dr. Avie Andriyani says:

    @ sri purwati : untuk mencegah keluarnya darah, kami sarankan untuk bed rest (istirahat dgn berbaring di atas tempat tidur) dan mengurangi aktivitas yang tidak perlu. Selain itu, usahakan utk tdk stres atau terlalu tegang. Lanjutkan kontrol secara teratur ke dokter atau bidan utk memantau kondisi janin dlm kandungan dan minum suplemen penambah darah utk mencegah anemia. Segera ke tempat pelayanan kesehatan terdekat jika perdarahan makin banyak dan mengalir deras, apalagi disertai nyeri perut.

  26. dr. Avie Andriyani says:

    @ ela : berat badan janin pd usia kehamilan 18-22 pekan normalnya sekitar 500 gram. Maka berat badan janin anda yg 538 gram pd usia kehamilan 22 pekan termasuk normal. Utk meningkatkan berat badan anda, kami sarankan utk makan makanan dgn porsi yg cukup dan bergizi seimbang. Jika masih merasakan mual, anda bisa makan dlm porsi kecil namun lebih sering. Jangan lupa utk memasukkan menu buah dan sayur, serta rutin mengonsumsi suplemen khusus ibu hamil.

  27. dr. Avie Andriyani says:

    @ ivah : kondisi kehamilan pd seorang wanita tdk bisa disamakan antara kehamilan pertama dgn berikutnya. Gejala yg menyertai jg seringkali berbeda. Utk permasalahan adanya rasa tertekan di hagian bawah perut hingga kandung kemih terasa sakit sebenarnya adalah hal yang wajar dialami ibu hamil ketika memasuki trimester ketiga. Hal ini akibat makin besarnya ukuran janin dan rahim sehingga terkadang mendorong kandung kemih. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak menekan. Kurangi aktivitas dan berusahalah utk rileks ketika perut bagian bawah terasa tegang.

  28. dr. Avie Andriyani says:

    @ anis : pada kehamilan pertama, biasanya perut wanita belum terlalu menonjol. Selain itu, lapisan lemak juga ikut berpengaruh pada penampakan bentuk perut ibu hamil. Kami sarankan utk rutin kontrol supaya tahu bagaimana kondisi dan perkembangan janin termasuk berat badannya. Pada usia kehamilan 14 pekan, normalnya berat janin sekitar 200gram. Memasuki trimester kedua, biasanya ibu hamil mulai doyan makan. Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas makan anda. Pilih hanya makanan yang bergizi dan tentunya cukup jumlahnya.

  29. dr. Avie Andriyani says:

    @ siti aminah : pada beberapa ibu hamil, peningkatan berat badan mulai nampak ketika memasuki trimester kedua, hal ini terjadi krn biasanya pada trimester pertama masih dominan keluhan mual n muntah sehingga ibu hamil jd malas makan. Tdk perlu khawatir, yang penting anda tetap mengonsumsi makanan bergizi dlm jumlah yg cukup, rutin minum suplemen ibu hamil, dan kontrol teratur ke bidan/dokter. Mengenai masalah hub suami istri, pd asalnya tdk berbahaya selama tdk ada keluhan spt perdarahan atau kontraksi hebat. Rahim sdh diciptakan Allah azza wa jalla sbg organ yg kuat dan mampu melindungi janin dgn baik. Kami sarankan utk mengkomunikasikan kekhawatiran anda pada suami shg tercipta saling pengertian antara kedua pihak. Usahakan utk rileks dan tidak tegang sehingga semua berjalan lancar. Jika keluhan nyeri setelah berhubungan sangat mengganggu sebaiknya diperiksakan ke dokter. Kami sarankan utk menjaga kebersihan sesudah melakukan hubungan suami istri untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Demikian jawaban dari kami, semoga cukup membantu.

  30. dr. Avie Andriyani says:

    @ nurul : kami sarankan untuk mengulang kembali tes kehamilan supaya lebih memastikan. Selain itu, bs juga dilakukan USG untuk melihat adanya gestational sac (kantong kehamilan)

  31. dr. Avie Andriyani says:

    @ hermanto : kondisi mual muntah, lemas, dan pusing adalah hal biasa yang dialami ibu hamil pada trimester pertama. Namun demikian, hal tersebut bs membahayakan jika berlangsung terus menerus karena tentunya akan mempengaruhi asupan gizi ibu hamil. Memasuki trimester kedua, biasanya kondisi tsb akan mulai membaik. Usahakan untuk selalu kontrol teratur ke bidan/dokter dan mengkonsumsi suplemen khusus ibu hamil.

  32. dr. Avie Andriyani says:

    @ aisha : boleh saja mengonsumsi sari kurma, tapi usahakan untuk tetap makan dengan menu lengkap dan bergizi seimbang. Anda dan bayi anda membutuhkan sumber gizi yg beragam. Jika dirasa sangat mual, cobalah untuk makan buah2an terlebih dahulu. Pilih buah alpukat, pisang, dan buah lain yang cukup mengenyangkan. Namun jangan lupa untuk tetap makan menu utama (nasi, sayur, dan lauk) dalam porsi kecil namun sering. Selain mempengaruhi tumbuh kembang janin, kondisi tidak mau makan sama sekali juga akan memicu peningkatan asam lambung yg naik ke dada dan tenggorokan sehingga muncul perasaan seperti terbakar atau panas. Namun kondisi yang anda alami biasanya akan membaik setelah masuk trimester kedua. Semoga jawaban kami bisa membantu.

  33. Maluri says:

    Selamat pagi dok, saya hamil sudah mau jalan 5 bulan, tetapi pada saat hamil perut saya sering sakit sampai sekarang dan alhmdulillah tdk pernh keluar darah, berat badan saya naik hanya 1 kg. itu kira” penyebabnya apa ya dok dan bahaya tidak ya untuk pertumbuhan janin saya. terimakasih.

  34. Heidy Astari Putri says:

    Selamat Sore Dok.. saya mau tanya, saat ini usia kandungan saya masuk usia 29 minggu
    Tapi mulai menunjukan mual2 seperti saat saya hamil di trimester awal (mual disaat maghrib dan tengah malam).. hari ini agak beda, badan saya kurang enak, mual dari siang dan muntah sampai 2x dan diare 2x berselingan.. kira-kira kenapa ya dok? Ada yang disarankan? Terima kasih banyak sebelumnya

  35. tika says:

    Dok, sy mau tny, knp ♈аªª☺ saat maLam pertama G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ad darah yg kLuar sdkitpun.pdhL insyaAllah sy msh perawan krn bLum prnh mLakukannya sbLumnya.dan saat ini sy sdg hamil kira2 2bln lbh.dan dr awal kehamilan jg G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ada darah atopun bercak drah yg kluar.apa itu normal?mohon blsannya.trmksh

  36. Adie says:

    Selamat Malam dr.Evie Andriyani… Saya Mau Tanya Tentang Rasa Sakit Perut Yg Dirasakan Istri Saya Setelah Kami Melakukan Hubungan Intim,Dia Merintih Kesakitan Sekali,Perut Yg Dibawah Pusatnya Itu Setiap Berapa Jam Selesai Melakukan Hubungan Intim Pasti Istri Saya Merasa Sakit,Saya Takut Janin Dan Istri Saya Kenapa” Dokter,Soalnya Hari Ini Apa Yg Dimakan Sama Istri Saya Selalu Keluar(Muntah) Dan Istri Saya Juga Jadi Kurang Bernafsu Kalau Makan Tapi Tetap Saya Paksakan Istri Saya Untuk Makan Tapi Cuma Sedikit Dokter, Kira” Rasa Sakit Yg Dirasakan Istri Saya Masih Dalam Batas Normal Ibu” Hamil Tidak Dok ?Dan Haruskah Saya Tidak Berhubungan Lagi Sama Istri Saya Demi Menghindari Rasa Sakit Yg Dirasakan Istri Saya Dok? Karna Saya Tidak Sanggup Melihat Istri Saya Merintih Kesakitan Dan Usia Kandungan Janin Kami Sekarang Sudah Berusia 8 Bulan Dia Sangat Aktif Bergerak Kalau Saya Ajak Bicara Pasti Janin Kami Bergeraknya Sangat Kuat,Terus Posisi Janin Kami Pas Istri Saya Merasakan Sakit Itu Di Perut Sebelah Kanan Dan Pergerakan nya Juga Sangat Kuat… Di Tunggu Ya Dokter Jawaban Dan Saran nya !!! Terima Kasih Selamat Malam…….. !!!

  37. lhiea aulia says:

    dok saya hamil masuk dalam 3 bulan,, tapi berat badan saya tidak naik,,bagaimana yang harus saya lakukan ?
    bahaya kah untuk anak saya ??

  38. endah yuliany says:

    pagi dok, saya mau tanya.. saat ini saya merasakan sakit di bagian perut bawah saya merasa seperti di tarik2,dan saya mengeluarkan flek coklat pekat lumayan banyak sampai hari ini flek sudah kluar 4hari dok.. saya juga sangat sensitif kalau mencium asap knalpot bisa sampe muntah2..apa itu bisa di bilang tanda2 hamil?? memang saya belum berani mnggunakn test pack,karna saya masih trauma.. beberapa kali di test hasil nya selalu negatif padahal sudah telat 2,5bulan. untuk masalah flek yg kluar,apa itu berbahaya? terima kasih

  39. Dok,saya mau tanya,kn katanya di usia kehamilan 9 bln itu msh boleh melakukan hubungan suami istri, malah kata dokter pas sya usg katanya di anjurkan hub suami istri, lha ini perkiraan sya lairan kn tgl14 sdgkn suami sya kn pulngnya 2minggu sx, pas kmrn sbtu mlm sya melakukan hub suami istri kk pginya sya kluar flek darah dikit, trz minggu siang kluar lgi n smpe snen pgi jga msh kluar pdhl minggu mlm sya udh tdr sndiri lgi, gto itu gmn dok, bahayakah, mohon kejelasannya, terima kasih

  40. dina silitonga says:

    Selamat Pagi Dok, saya mau tanya..pada 24 malam setelah intim dengan suami ada bercak cokelat yg keluar tanpa rasa sakit. Ini berlangsung sampai hari rabu tgl 30 April (jadwal seharusnya saya mendapat haid) dengan kondisi bercak cokelat kadang keluar kadang tidak. Setelah tgl 30, bercak coklat tidak ada lagi sampai hari ini 6 Mei (HPHT periode terakhir 6April). Mohon petunjuk dokter apakah ada kemungkinan saya hamil atau ada sesuatu yg harus saya waspadai terkait bercak cokelat usai berhubungan? Terima kasih sebelumnya dokter…

  41. darma says:

    Selamat sore sy umur 36 th.saat ini sy sudah telat haid 14 hari,kadang mual kadang tidak,namun beberapa kali TP hasilnya negatif terus.Apakah saya hamil dok.sy pernah keguguran 2 kali dan sudah menjalani tes sesuai perintah dokter kandungan dan sudah diperbolehkan untuk hamil lagi.
    Apakah ada hubungan antara usia dan kadar produksi hcg?

  42. nissa says:

    slamat siang dok.
    dok sya nissa,
    dok usia kndungan saya skrang 4bln 18 hari.
    tapi kemarin pas usg kdokter posisi kepala bayi sya trlalu ke bwah bgt dok.
    saya mau tanya apakah itu bhaya?
    dan normal posisi janin usia 4 bln itu seperti apa?
    trus apa yg harus sya lakukan agar posisi janinx normal lagi.

  43. lala says:

    Siang dok, saya mau bertanya, td saya nimbang berat bdan tapi blm ada kenaikan berat badan.. Umur janin saya jg kurang lbh sudah 16minggu, lalu td saya pergi ke bidan sempat di cek detak jantungnya, awalnya terdengar detak jantungnya,, lalu detak jantungnya hilang dan dicari lagi tdk terdengar lg.. Kata bidan memamg umur segitu detak jantung kadang terdengar kadang hilang. Apa bnr begitu dok? Saya sempat khawatir dok dgn kondisi janin saya.

  44. sofia says:

    Selamat malam dok,,, usia kehamilan saya 5w saya sudah pernah 2x kuret janin tidak berkembang…masalahnya saya kok gak mersakan mual,muntah,pusing spt ciri2 org hamil.apa masih wajar dok?ato ada masalah dok dengan kehamilan saya,,?

  45. evi says:

    Siang dok…saya mau bertanya dok,saya mengalami kejanggaln dalm khamilan saya usia kehamilan udah terhitung 7minggu,pada minggu ke empat saya tes lab dan hasil positif tapi ketika di USG janin belum terlihat,dokter menyarankan saya untuk balik lagi 1 minggu lagi’ saya nurut dgan saran dokter dan USG lgi tpi janin belum jga terliht sayapun lab lgi tkut ad ksalhn dr hsil tes prtma.TApi hasil lab tetp positif,,,,kenapa hal itu bisa trjadi dok,dan hal ap yang harus saya lakukan??trima kasih dok

  46. aeni says:

    Siang Dok…
    saya hamil 8 bulan, dan perut sebelah kanan bawah sering sakit, mungkin sudah sekitar 2 minggu. sakitnya paling bearsa ketika akan mengganti posisi tidur dari kiri kekanan ataupun sebaliknya. dan sakitnya tidak hanya di sekitar perut bagian bawah, tapi sampai ke vagina dan tulang belakang. untuk di bawa jalan juga sangat sakit. ketika bangun dari duduk, ataupun dari tidur juga sangat sakit. Kira- kira penyebabnya apa ya dok.. dan bagaimana cara mengatasinya.
    terima kasih.

  47. ivoni says:

    sore dok.
    saya hamil 5 bulan 10 hari saya mau tanya kenapa sampai saat ini saya belum merasakan gerakan janin saya sama sekali..sehingga saya sering berpikiran yg tidak2.
    trus setiap malamnya saya susah tidur dan masih sering mual2 dan sering muntah sampai saat ini.. itu kenapa ya dok? tlg penjelasannya, mksh sblmx dok.

  48. Dara says:

    Asslamualaikum dok.
    Dok saya skrng lg hamil 4 bulan,saya sering mrsa sakit di bagian perut sbelah kanan.apakh itu berbahaya.?
    Dan saya mau tanya gerakan yg seprti apa yang dirsakan pda saat hamil 4 bulan dok?mhon dijwb yah dok?
    Mksh
    wasslam.

  49. latrie says:

    Pgi dok.q mw tanya?dlu q prnah hamil v janin ga brkembang..ssdah dkuret krang lbih 1bln kmudian sya positiphmil pa tu bahaya dok…skrng usia khsmilsn sya msuk 5bln lbih 10 hri

  50. youlie says:

    Dok.. saya pernah mengeluarkan segumpalan darah pada saat kehamilan 2 bulan terhitung dri bulan maret 2014,pernah sempat pingsan,dan banyak sekali darah yg keluar.setelah darah tersebut tidak keluar lgi,saya kembali periksa di klinik kandungan,ketika saya usg ( transvaginal ) dr tersebut memberitahukan hasil fleknya bersih total, dan disitu dr ragu bahwa saya hamil,dengan alasan ada sebagian jaringan telah keluar dan kantungnya tidak ada.setelah itu masuk bulan juli sekrang perut saya besar seperti orang hamil,tapi saya enggan mau periksa, karena takut hasilnya tidak memuaskan,dan kata bapak angkat suami saya masuk 4 bulan kehamilan,gerakkan didalam perut sempat saya rasakan,kondisi perut saya juga membesar,dan payu darah saya juga kembang.. bagaimana pendapat Dr ?

  51. kurnia sari says:

    Assalamualaikum, Dokter…
    Saya menikah 9 bulan dan hanya bertemu suami 1 bulan sekali. Seminggu lalu saat masa subur, saya melakukan USG transvagina dg hasil ovarium kanan saya sel telurnya kecil-kecil dan ovarium kanan saya beberapa ada yang matang.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah sel telur kecil adalah tanda pasti bahwa saya PCOS?
    2. Lalu apakah terbatas kemungkinan hamil bagi saya dg satu ovarium saja yg normal
    3. Setiap bulan apakah masing masing ovarium mengalami ovulasi atau hanya salah satu saja? Apakah wanita PCOS menopause nya lbh cepat?

    Demikian, terima kasih.

  52. hananto hn says:

    dokter mau tanya…istri saya hamil 4 bulan tapi tiba2 tadi pagi pingsan, kepala berkunang2 dan pandangan kabur, apa itu mempengaruhi janin???

  53. dedi supian says:

    Dok mao tnya : knpa kandungan 9 bulan jalan, terus istri saya mandi dan keluar darah setetes…

  54. saskia says:

    Dok saya mau tanya kenapa saya keluar darah tiba2…. usia kandungan saya 2 bulan lebih…tq

  55. iip dz says:

    dok saya mau tanya saya hamil baru berusia 13 minggu tp kadang masih sering keputihan keluarnya pun banyak trus terakhir keluar plek coklat seperti mau menstruasi gt,kalo boleh tau apa kah berbahaya dok bagi janinnya trus minta solusinya ya dok.terima kasih

  56. eliz says:

    doc.. salam sejahtera.. saya eliz 28 tahun dan sudah berkahwin.. sebelum ini saya tidak pernah mengalami masalah haid yang tidak teratur.. cuma baru2 ini haid saya datang lambat 2 hari sepatutnya pada 24/7 tetapi bila saya melakukan ujian air kencing menandakan saya tidak hamil. tetapi sebelum itu saya sering mengalami tanda2 seperti ibu yang hamil. pada 26/7 saya dapati ada flek coklat yang banyak disertai darah yang sedikit keluar dari bahagian sulit. saya ingat mungkin itu adalah period saya. keadaan ini berlarutan sehingga 31/7. saya ingin bertanya pada doc adakah flek coklat dan darah yang keluar sedikit itu adalah normal atau tidak?

  57. eliz says:

    salam doc, sy eliz 28 tahun dan sudah berkahwin. saya tidak pernah mengalami haid yang tidak teratur tetapi baru2 ini terdapat flek coklat dan darah yang sedikit yang keluar dan bukan nya seperti darah haid. haid saya pd bulan lepas bermula pada 24/06 dan sepatutnya haid yang seterusnya pada 22/07 atau 23/06 akan tetapi haid saya tidak datang dan apa yang saya alami hanya lah flek coklat yang diikuti dengan drah yg sedikit2 yang mula pada 26/07 sehingga 01/08. Doc, apakah ini tnda suatu kemungkinan penyakit atau yang lain? silalah beri penjelasan kerana baru pertama kali saya mengalami nya.

  58. nurajizah says:

    dok sya mau tanya, kehamilan sya udh msuk 34minggu kmrin sya hbis perjalanan jauh,terus pagi nya sya malamnya sya mkan kol,tpi pas pagi pagi keluar cairan kaya darah cuman agak coklat…apkah itu brbahaya tolong replay ya dok trimakasih.. nurajizah

  59. vera says:

    Ass..dok saya sudah hamil masuki usia ke 21 minggu,saya baru sadar kl saya hamil
    Usia kandungan 3bulan,apakah janin saya akan baik”saja dok?krn ketidaktahuan saya
    Hamil,saya suka makan indomie dan lalapan,saya sukaerasa khawayir dengan kesehatan
    Janin saya.. Tolong penjelasannya ya dok. Terima kasih. . Wasalam

  60. SyamsQ says:

    Izin Copy, Dokter….
    Mohon doa, agar istri saya melahirkan selamat.

  61. rani says:

    dok saya setelah berhubungan intim keesokan harinya saya langssung merrasakan mual dan muntah apakah itu disebut hamil?karena pada hari sebelumnya saya merasakan msuk angin?apakah itu gejala kehamilan atau hanya masuk angin biasa?

    • Mual dan muntah banyak penyebabnya. Salah satunya memang bisa merupakan tanda awal kehamilan. Untuk tes awal kehamilan, ibu bisa melakukan tes urin dengan alat tes kehamilan yang dijual bebas.

  62. Arum says:

    Dok mau tanya

  63. Bella says:

    Mau tanya dok. usia kehamilan saya sekitar 10 minggu.Saya mengalami mual muntah berlebih.. Sampai uluhati dan tenggorokan terasa panas. Meludah jg terlalu sering sampai bisa dlm hitungan detik tiap kali meludah. Tiap mlm badan terasa sangat sakit dan kepala pusing dan mata kabur.. Apakah kehamilan saya ini normal dok? Mohon bgaimana mengobatinya?

    • Dr. Avie Andriyani says:

      @ Bella: mual muntah berlebih atau sering disebut hiperemesis pada kehamilan bisa berbahaya jika menyebabkan ibu hamil sama sekali tidak bisa mendapatkan asupan makanan atau minuman sama sekali. Namun jika masih bisa masuk makanan, anda hanya perlu lebih bersabar karena biasanya akan membaik setelah masuk trimester kedua (meskipun kondisi tiap ibu hamil bisa berbeda tapi kebanyakannya demikian). Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi mual seperti makan dengan porsi kecil/ sedikit tapi sering, menghindari makanan yang menyebabkan mual dan memilih yang segar seperti buah, minum obat anti mual yang diresepkan dokter. Sedangkan kondisi badan sakit, kepala pusing adalah hal yg biasa terjadi pada ibu hamil. Untuk mata kabur, sebaiknya diperiksakan karena penyebabnya bisa bermacam2

  64. muna says:

    Dok
    saya udah 15 hari slesai haid tapi kok skarang keluar
    lendir yg agak coklat apkah itu berbahay dok?
    maksih

    • Dr. Avie Andriyani says:

      @ muna: keluarnya lendir coklat di luar masa haid bisa disebabkan adanya perubahan atau permasalahan ketidakseimbangan hormon. Selama tidak ada keluhan lain apalagi keluarnya hanya sedikit, anda tidak perlu khawatir. Namun jika keluar dalam jumlah banyak, berlari-hari bahkan menimbulkan keluhan seperti lemas misalnya, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan muslimah terdekat.

  65. chicha ariyati says:

    ass, slamat pagi dok, usia saya 36 tahun, saat ini saya hamil 5 bulan,kehamilan ini adalah yang ke4,anak pertama perempuan 13 thn, kedua 10 thun,ketiga keguguran diusia 3 bln,saat ini saya mengalami ketuban pecah dini, dirawat 2 hari di RS, apa yang harus saya lakukan untuk kesehatan dan keselamatan saya dan janin saya.dokter memberi saya antibotik roksicap 500,cefedrokxil 500,trimaksih atas sarannya

    • Kehamilan keempat pada usia 36 tahun termasuk kehamilan berisiko. Artinya, ibu harus benar-benar menjaga kehamilan tersebut. Jangan aktifitas berlebihan yang menimbulkan capek. Jika sudah terjadi ketuban pecah dini, harus dirawat inap untuk observasi kondisi janin. Apalagi kondisi kehamilannya masih belum cukup bulan untuk dilakukan persalinan. Perlu perawatan dan penanganan lebih lanjut dari dokter spesialis kandungan.

  66. mela nurmilah says:

    pagi dok,usia kandungan sya 13w,sorenya baru periksa tp cm k bidan,td malem perut sebelah kanan bawah saya sakit dok,bukan mulas tp nyelekit bgt dok gerak dikit aja sakit,smp klo d bwa berdiri harus bungkuk bwt nahan sakit. tidak ada flek atau drah yg keluar, kr2 bahaya g dok buat debay nya?

  67. virdhiantye says:

    dok saya mo tanya , saya sudah telat haid 3 bulan.di TP tdak ada cma 1 garis,klo diterawang ada garis merah na tapi samar” .apakh itu positip dok . makasih.

  68. erik says:

    Mau tanya dok, istri saya sudah memasuki usia kandungan 7 bulan. Posisi dd bayi lebih sering berada disebelah kanan. Yang saya tanya berbahaya kah jika hanya berada di kanan terus menerus?

  69. fitri says:

    dok saya mw tanya ?
    saya telat 1minggu ditesp fositif, yg ke2 minggunya saya mengalami sakit diperut
    yg sakit banget truz keluar darah segar dan kemudian darah agak khitamn
    dok apakah bahaya atw tidak dok truz sy blm periksa apakh sy msh hamil .makasih dok sblmnya

  70. virdhiantye says:

    dok akhir” ini perut pas di bawah lingkaran payudara saiia kok gatel bgt ya, saiia garut trus sampe lingkaran itu merah bgt keseringan di garut… itu gejala pa ya dok, berbahayakah dok.. makasih.????

    • Dr. Avie Andriyani says:

      @ virdhiantye: gatal di bawah lingkaran payudara bisa disebabkan oleh karena reaksi alergi atau bisa juga karena infeksi jamur. Untuk memastikannya, anda bisa periksakan ke dokter kulit muslimah terdekat. Untuk mengurangi rasa gatalnya, anda bisa menaburkan bedak anti gatal seperti bedak salicyl atau yang semisal dengannya. Usahakan untuk tidak menggaruknya karena akan memicu terjadinya iritasi kulit. Selalu ganti pakaian anda yang terkena keringat dengan pakaian yang kering dan menyerap keringat, karena kondisi lembab sangat disukai jamur. Semoga bermanfaat.

  71. hima says:

    dok saya telat mens 6 hari, udah di TP hasilnya positif.. tapi kok keluar darah kayak mens ya dok, darahnya tidak begitu pekat.. itu kenapa dok?

    • Terjadi perdarahan di awal kehamilan tidak boleh disepelekan. Jika terjadi perdarahan, Anda harus bedrest total, istirahat penuh di rumah. Untuk memastikan kondisi kandungan Anda, perlu dilakukan pemeriksaan USG. Sebaiknya periksa ke dokter spesialis kandungan segera.

  72. aprilianti says:

    dok sy mau tanya, sudah dua hari ini setelah berhubungan badan dengan suami di mis V sy keluar cairan seperti air dan tidak berbau..dan keluarnyapun tidak banyak. itu cairan apa dok? apakah air ketuban? dan sekarang sy sedang hamil 6 bulan.. apakah itu bahaya untuk kehamilan sy atau tidak? dan apakah berhubungan saat hamil menjadi penyebabnya? tolong dijawab ya dok.. terimakasih.

    • Keluarnya cairan dari vagina pada wanita hamil perlu diwaspadai. Baik itu berupa keputihan, cairan bening, atau darah. Sebaiknya Anda periksakan segera ke dokter spesialis kandungan utnuk memeriksa kondisi kehamilan Anda. Pada prinsipnya, tidak mengapa wanita hamil melakukan hubungan suami istri.

  73. ary says:

    Malam dok…
    Mau tanya dok usia kehamilan saya 32mnggu…minggu tgl 7 sept br usg kt dktr smua bagus trmasuk posisi kpla janin….mlmnya skitar jam 23:30 saya buang air kecil pas lg keringin pke handuk ternyata keluar darah dok…mlh ada yg kental brwarna hitam…apa pnyebabnya ya dok? pdhl sorenya usg jg bgus smua setelah itu saya cm bedrest sma mnum obat anti kontraksi aja…janin gerak ttp aktif…
    Mksh dok…

    • Kondisi demikian memang sebaiknya Anda bedrest total. Hal itu bisa dipengaruhi karena kontraksi rahim akibat terlalu banyak aktifitas. Sebaiknya bedrest total, minum obat yang diberkan oleh dokter, dan kontrol rytin ke dokter spesialis kandungan untuk memantau kehamilan Anda.

Leave a Reply