Mengenal Penyebab Kebotakan

kebotakan

kebotakan atau istilah medisnya alopecia menjadi momok bagi yang mereka yang terkena, mereka merasaakan membayar berapa saja untuk bisa menumbuhkan rambut mereka. Rambut susah tumbuh dan gampang rontok, apa saja penyebabnya?

kebotakan/alopecia ada beberap macam penyebab:

1. Androgenic Alopecia

hal ini lebih ke arah genetik dan penyakit turunan yaitu pada  fase pertumbuhan tahap pertama siklus hidup rambut (fase Anaga)terjadi mengalami kegagalan pertumbuhan.Produksi folikel rambutsangat tipis sehingga rambut gampang layu dan terpisah dari kulit kepala.

2. Telogen effluvium

Rambut berada pada  fase istirahat (telogen) dan tidak tumbuh. Tetapi bisa terlalu lama dalam fase ini akibat beberapa faktor seperti gizi buruk, stres dan ketidakseimbangan hormon. Rambut yang terlalu lama fase istirahat bisa rontok
3. Tinea capitis
akibat infeksi jamur pada kulit kepala sehingga rambut gampang rontok

4. Alopecia areata
ini sebab yang paling umum, karena sistem imun tubuh salah mengenali dan malah menyerang folikel rambut sendiri. Sistem imun bisa mengalami gangguan karena penyakit.
5. Alopecia universalis
mirip denganalopecia areata, hanya saja terjadi pada hampir semua rambut di seluruh tubuh

Jika terkena penyakit ini makas solusinya adalah memeriksakan diri, untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa ditentukan terapinya.

Sebagai tambahan, beberapa sumber menyebutkan bahwa bahan-bahan alami bisa menumbuhkan rambut, mungkin bisa dicoba untuk dipakai dirambut/ kepala seperti:  Minyak zaitun, Telur, Santan, Minyak kelapa, Ginkgo biloba, Kulit apel, Teh hijau dan biji kemiri

 

penyusun:  dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

 

About Author

dr. Raehanul Bahraen

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

View all posts by dr. Raehanul Bahraen »

Leave a Reply