Mengenal Vertigo

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pada tulisan sebelumnya kami telah menjelaskan bagaimana cara mengenali sakit kepala. Anda harus membedakan apakah yang anda alami adalah sakit kepala atau pusing. Sakit kepala ditunjukkan dengan persepsi seperti diikat atau berdenyut di area kepala hingga ke tengkuk leher. Sedangkan pusing sangat erat kaitannya dengan vertigo.

Pusing (dizziness) diartikan dengan perasaan berputar, baik lingkungan sekitar yang tampak berputar atau tubuhnya sendiri. Dalam kedokteran keluhan ini dikenal dengan istilah vertigo. Perasaan berputar ini sama seperti ketika kita berputar-putar dengan cepat kemudian kita hentikan, setelah itu akan timbul perasaan yang berputar-putar yang membuat badan kita tidak dapat berdiri stabil, terjatuh mengikuti arah putaran tadi. Begitu pula orang dengan vertigo, keadaan itu muncul walau mereka tidak melakukan putaran tersebut. Serangan vertigo ini akan dirasa berat bagi penderitanya.

Tubuh kita memiliki beberapa sistem untuk mempertahankan keseimbangan badan. Diantaranya sistem vestibular (telinga), mata dan propiosepsi (otak kecil). Jika terjadi gangguan disalah satu sistem tersebut dapat bermanifestasi berupa vertigo.

Vertigo dikelompokkan menjadi dua berdasarkan penyebabnya. Cara mudah mengenalinya, jika vertigo yang anda alami begitu berat, mendadak, dalam waktu singkat dan dipicu oleh gerakan kemungkinan besar adalah vertigo akibat gangguan sistem keseimbangan di telinga. Namun jika vertigo yang anda rasakan ringan-sedang, terus menerus, dan tidak dipicu oleh gerakan kemungkinan besar akibat gangguan di pusat (otak kecil), biasanya disertai dengan keluhan lain berupa kelemahan anggota gerak, gangguan sensoris, dan gangguan gerak lainnya berupa dismetria. Cobalah segera menghubungi dokter anda jika anda mengalami vertigo yang terus menerus, sehingga dokter anda akan segera mencari lokasi gangguan di tubuh anda.

Mungkin saja anda mengalami Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) jika vertigo anda sangat berat. Keadaan tersebut dipicu oleh gerakan kepala yang tiba-tiba, misal sangat bangun tidur, menoleh dengan cepat, atau berdiri dari jongkok. Anda juga perlu mengidentifikasi apakah ada keluhan penyerta lainnya saat terjadi serangan vertigo, seperti mual, muntah, penurunan pendengaran, bunyi berdenging di telinga dan nyeri telinga. Segera hubungi dokter anda dan jelaskan semua keluhan tersebut. Semoga manfaat.

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

Share.

About Author

Dokter umum lulusan FK Universitas Gadjah Mada 2008 - Ma'had Al Ilmi Yogyakarta 2010 - Tim Kesehatan Peduli Muslim

2 Comments

  1. Selamat pagi dok, saya pernah bbrp kali terkena vertigo. Saat serangan vertigo saya merasa sekeliling saya berputar atau juga merasa saya yg berputar. Serangan terjadi bila berubah posisi dr tidur ke bangun atau bahkan sekedar menolehkan kepala. Mual & muntah hebat selalu menyertai.
    Akan tetapi saya baru bisa berobat esokny/lusa krn kadang tdk sanggup bangkit dr tidur saking mualnya.
    Pertanyaan saya : sebenarnya saya hrs berobat ke dokter spesialis apa? Kalau sekedar ke klinik umum biasanya cn diberi obat penghilang mual biasa saja. Apakah saya perlu melakukan MRI? Krn klo dibiarkan saya khawatir menyerang saat saya sedang menyetir. Terima kasih

    • Anda dapat memeriksakannya ke dokter spesialis saraf. Dokter anda akan melakukan pemeriksaan yang sesuai dengan penyakit yang anda derita.
      Kami menganjurkan anda untuk tidak mengemudi terlebih dahulu jika kuantitas serangan cukup tinggi. Demikian.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.