MENJAGA KESEHATAN PASIEN GAGAL GINJAL DI RUMAH.

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

APA SIH YANG BOLEH DIMAKAN?…TERUS APA YANG TIDAK BOLEH?

Maha Besar dan Maha Penyayang Allah yang telah memberikan organ ginjal kepada manusia. Bisa dibayangkan ketika manusia tanpa ginjal, darimana kita bisa mengeluarkan urin/ pipis, organ apa yang akan bertanggung jawab mengatur jumlah cairan dalam tubuh kita ketika kita kekurangan atau kelebihan minum, dimana vitamin D akan diaktifkan??..Semua fungsi tersebut diperankan oleh GINJAL. Ginjal adalah sepasang (2 buah) organ yang diciptakan Allah yang berada di sebelah kanan dan kiri pinggang manusia. Peran ginjal sangatlah banyak, antara lain ginjal sebagai tempat membentuk urin/ pipis yang berasal dari sisa-sisa pembakaran makanan di tubuh kita, ginjal juga sebagai tempat membuang racun-racun metabolisme seperti urea, kreatinin yang sangat berbahaya bagi tubuh apabila kadarnya di dalam tubuh sangat banyak. Fungsi yang tidak kalah penting dari ginjal adalah organ ini mampu mengatur dan menyeimbangkan jumlah cairan di dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan air, maka ginjal akan mengeluarkan hormon yang mencegah cairan keluar dari tubuh kita, sebaliknya apabila tubuh kita kelebihan cairan, maka ginjal akan berusaha membuang cairan tubuh lebih banyak dari biasanya. Apabila karena suatu sebab tertentu, fungsi ginjal akan terganggu sehingga terjadilah kondisi yang secara medis disebut gagal ginjal/ renal failure.

Gagal ginjal adalah suatu keadaan dimana ginjal sudah tidak mampu lagi menjalankan fungsinya secara normal. Penyebab gagal ginjal sangat bervariasi, tetapi kita bisa menjadi dua garis besar, yaitu karena penyakit yang terjadi pada ginjal itu sendiri dan penyebab lain sebelumnya yang akhirnya penyakit tersebut merusak ginjal. Penyakit yang terjadi pada ginjal seperti peradangan pada ginjal, adanya batu di ginjal atau tumbuh tumor atau kanker pada ginjal, sedangkan penyakit penyerta yang sering mendahului terjadinya komplikasi pada ginjal paling sering adalah hipertensi dan penyakit gula (Diabetes Mellitus).
Pada saat seseorang menderita gagal ginjal, maka kita bisa membayangkan, apakah yang kan terjadi pada orang tersebut???

ya..tentu racun-racun sisa pembakaran akan menumpuk di dalam tubuh, tubuh akan kelebihan cairan karena urin tidak bisa dikeluarkan. Komplikasi yang sangat dikhawatirkan dari gagal ginjal selain kondisi di atas adalah kematian mendadak akibat kelebihan ion Kalium, sehingga perawatan di rumah harus benar-benar diperhatikan dan di patuhi. Berdasarkan panduan diet dari Medical Centre Virginia Commonwealth University menyebutkan bahwa pasien gagal ginjal harus mengurangi konsumsi makanan yang kaya protein seperti telur, ayam karena akan meningkatkan produksi ureum tubuh, kecuali pada pasien gagal ginjal yang sudah menjalani cuci darah. Jumlah cairan baik dari minuman atau makanan harus dibatasi, dengan berpedoman bahwa kenaikan berat badan pasien gagal ginjal tidak boleh > 0,5 kilogram dalam 1 hari. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kenaikan berat badan pada pasien dengan cuci darah paling besar terjadi diantara fase cuci darah akibat asupan cairan yang berlebihan.

Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan, ureum dan kalium pada pasien gagal ginjal, maka National Kidney Disease Education Program (NKDEP) memberikan panduan tentang diet apa sajakah yang diperbolehkan dan dilarang bagi pasien gagal ginjal. Secara garis besar, komposisi diet yang diatur adalah Natrium/ Sodium, Phospor, Kalium dan Protein.

Penulis: Nur Chayati, Ns., M.Kep.

Referensi
1. National Kidney Disease Educational Program. 2011. Chronic Kidney Disease (CKD) and Diet: Assessment, Management, and Treatment. Treating CKD Patients Who Are Not on Dialysis. http://www.nkdep.nih.gov.
2. VCU Medical Centre. The Renal Diet.

Artikel www.kesehatanmuslim.com

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

jika ingin konsultasi gratis, silahkan kirim pertanyaan di sini

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.