Migrain saat Hamil, Berbahayakah Bagi Janin?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

“Assalamu’alaikum, saya mau tanya,saya sedang hamil jalan 4 bln, tapi selama masa kehamilan saya sering sakit kepala sebelah sudah 2x apakah ini berbahaya untuk janin ? mohon infonya dokter.”

 

Jawab:

 

Wa’alaikumsalaam wa rohmatullahi wa barokatuh

 

Sakit kepala merupakan sakit yang mengganggu. Jenis sakit kepala bervariasi, ada yang disebut sakit kepala tipe tegang, sakit kepala sebelah (migren) atau sakit kepala seperti terasa ingin jatuh.

 

Sakit kepala selama kehamilan harus diwaspadai terutama bila disertai pandangan mata kabur, tekanan darah tinggi atau anemia.

 

Sakit kepala sebelah (migren) sering dijumpai pada ibu hamil, hal ini dikarenakan ada perubahan hormonal, terutama estrogen. Migren biasanya dicetuskan karena makanan seperti coklat, cafein, makanan yang mengandung msg dan aspartam.

 

Beberapa tips untuk mencegah migren dengan cara, hindaei makanan yang merupakan pencetus migren, hindari stres dan istirahat yang cukup.

 

Migren tidak berbahaya bagi janin namun yang perlu diingat pengobatan migren yang tidak tepat dapat mempengaruhi kehamilan. Konsultasikan dengan dokter obat-obatan yang aman dikonsumsi.

 

Dijawab oleh: dr. Muhammad Zulfahmi Akbar

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

 

 

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.