Nifedipin obat apa ya?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Sahabat kesehatan muslim sekalian, sering sekali kita menanyakan tentang obat nifedipin. Obat apakah itu sebenarnya?apa manfaat dan fungsinya?apa efek sampingnya?untuk lebih jelasnya kami akan coba ulas singkat tentang nifedipin. Tetap di Kesehatan Muslim.

Apa itu Nifedipin?

Obat nifedipin adalah obat yang digunakan penurun tekanan darah dimana disebut dengan penghambat kanal kalsium. Obat ini juga digunakan untuk mencegah angina, dan membuat pasien lebih mudah bergerak serta menurunkan kejadian serangan angina.

Obat ini bekerja ke pembuluh darah dengan merelaksasi pembuluh darah sehingga darah dapat lewat dan mengalir dengan lebih mudah. Obat ini harus dikonsumsi dengan resep dokter. Saat anda diresepkan, haruslah meminumnya teratur agar penggunaannya efektif. Penggunaan obat lain seperti nitrogliserin sublingual, untuk meredakan nyeri dada haruslah dengan resep dokter.

Bagaimana sediaan Nifedipin?

Sediaan kapsul terdiri dari kapsul nifedipin 10 mg dan 20 mg. Sedangkan dalam bentuk tablet dengan dosis 30 mg, 60 mg dan 90 mg.

Mekanisme obat ini adlah penghambat chanel calsium, dimana menghambat transmembran masuknya kalsium ekstraseluler melalui otot jantung dan otot polos tanpa mengubah konsentrasi serum kalsium. Ini menghasilkan kontraksi otot polos dan otot jantung, dan mendilatasi arteri koroner dan arteri sistemik. Vasodilatasi ini akan menurunkan resistensi perifer dan meningkatkan denyut jantung. Akibatnya tekanan darah akan turun.

Obat ini sering digunakan untuk mengobati :

  1. Angina
  2. Hipertensi
  3. Hipertensi pulmonel
  4. Fenomena Raynoud
  5. Fissura anal

Efek samping yang sering ditimbulkan dari obat ini adalah : edema perifer, pusing dan perasan berputar, nyeri kepala, mual dan muntah, dan sensasi terbakar di uluhati. Selain itu juga dapat memicu efek samping lain seperti seperti kram otot, perubahan mood, batuk, sulit nafas, palpitasi, hipotensi, konstipasi dan reaksi alergi.

Meskipun reaksi efek samping relatif jarang terjadi, namun tetap dapat terjadi, sehingga penggunaan obat ini wajib harus dengan pengawasan dan ijin dokter. Demikian semoga mencerahkan dan semoga bermanfaat.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

Share.

About Author

Medical, Research and Qur'an. Alumni Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Semoga Anda mendapat manfaat dari Tulisan dan Website ini. Mengakar kuat, Menjulang Tinggi.

Leave A Reply