Nutrisi Penting Pada Kehamilan Trimester Kedua

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Bismillah.. Dok, Alhamdulillah Istri saya sedang mengandung dan sudah memasuki usia kehamilan minggu ke 13.. Yang ingin saya tanya kan,, 1. Diawal kehamilan istri mengalami gejala mual dan muntah yang hebat, meskipun udah dicoba berbagai tips mengenai solusi mengurangi muntah tetap aja gak ngefek, sehingga susah makan apalagi yang berhubungan dengan nasi, ikan, daging dan segala jenis makanan seafood. kalau di paksakan akan muntah. sehingga istri lebih sering mengkonsumsi buah2an, susu kambing (dalam bentuk bubuk), kurma, madu, biskuit (jarang). Apakah dengan mengkonsumsi yang demikian dapat mencukupi kebutuhan nutrisi buat janin?? 2. Diawal pekan ke 13 ini, istri semakin susah makan, setiap makan langsung keluar lagi. khusus nya makan nasi dan lauk. Tapi Kalau makan buah tidak mengapa. APakah dengan tidak mengkonsumsi nasi dan segala jenis ikan dan daging dapat membahayakan pertumbuhan si janin?? 3. Nutrisi apa saja yang dibutuhkan pada trimester kedua?? terima kasih sebelumnya..

 

Jawab:

Bismillaah. Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Dan berikut penjelasan tentang jawaban dari pertanyaan yang diajukan tersebut.

 

1. Kebutuhan nutrisi untuk janin selama kehamilan berasal dari nutrisi dalam tubuh Ibu yang mengandungnya. Hal ini berarti ibu hamil harus mengonsumsi zat-zat makanan yang menjadi kebutuhan nutrisi bagi janin yang dikandungnya. Jika janin kekurangan nutrisi karena ibu yang mengandungnya mengonsumsi sedikit makanan / minuman, maka cadangan makanan yang ada dalam tubuh ibu akan dialirkan ke dalam janin sehingga nutrisi untuk janin tetap terpenuhi. Namun hal tersebut tidak dapat berlangung lama sesuai dengan besar sedikitnya cadangan makanan yang ada dalam tubuh ibu. Kecukupan nutrisi untuk janin secara sederhana dapat dinilai pada panjang dan atau bentuk janin ketika diperiksa dengan alat USG. Jika panjang dan atau bentuk janin sesuai dengan usia kehamilan maka nutrisi janin terpenuhi.

 

2. Ibu hamil yang tidak atau sedikit mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh janin tentu akan membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Ibu hamil dapat mengonsumsi makanan pengganti jika makanan utama tidak /sedikit dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya, kurma, roti, madu, atau jagung dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi untuk sementara waktu hingga keluhan mual muntah yang dialami berhenti. Anjuran Agar dapat mengurangi rasa mual/muntah yang dapat diberikan kepada ibu antara lain:

 

  • Makan dalam porsi kecil dan rendah rendah lemak
  • Asupan cairan antara waktu makan dan hindari kafein
  • Kurangi makanan yang asam atau mint
  • Batasi makanan pedas
  • Hindari berbaring setelah makan atau minum
  • Kenakan pakaian longgar
  • Boleh makan apa saja yang diinginkan tanpa mengkhawatirkan kandungan kalori dalam makanan tersebut.

 

3. Nutrisi untuk janin pada trimester kedua usia kehamilan selain makanan/minuman yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein juga makanan/minuman yang mengandung kalsium, vitamin E dan vitamin D serta asam lemak omega 3 seperti susu kambing, kacang-kacangan, daging kambing, seafood dan suplemen makanan lain yang mengandung nutrisi tersebut. Kombinasikan juga dengan buah-buahan dan sayuran segar yang disukai oleh ibu hamil yang dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan ibu hamil. Batasi konsumsi garam yang dapat memicu kenaikan tekanan darah. Biasakan minum air bening minimal 2 liter dalam 24 jam.

 

 

Selain itu, silakan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan tentang kondisi ibu hamil dan janin yang dikandungnya serta nutrisi yang tepat bagi keduanya. Jangan terlupa untuk selalu berdoa kepada Allah dan bertawakkal kepada-Nya dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Wassalaamu’alaikum wa rohmatullaahi wa barokaatuh

 

Dijawab oleh dr. Henri Perwira Negara

 

 

Share.

About Author

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.