Nyeri dan Kaku di Sendi

/ Oleh / Info Penyakit, Konsultasi / No comments
nyeri sendi

Tanya :

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Dok maaf mengganggu, saya pernah diurut / dimassage dengan tekanan keras sehingga terasa sakit disekitar telapak kaki, lutut, paha dan siku sehingga ketika berdiri dan berjalan terasa sakit (asam urat normal). Saya telah berobat ke dokter umum dan diberi obat pereda nyeri dan vitamin tulang (metidrol _4, F Lamic, osteor plus) dan salep untuk tulang. Setelah minum obat tersebut saya merasa sehat namun setiap selang seminggu kambuh lagi rasa sakitnya. Saya juga telah memeriksakan diri k dokter syaraf dan dianjurkan untuk fisioterapi dan diberi resep salep untuk tulang namun belum ada efek yang berarti, kaki dan tangan saya terasa dingin pada saat hujan atau tersentuh air dingin padahal biasanya tubuh saya tidak alergi terhadap cuaca dingin sehingga akibatnya hampir seluruh persendian terasa kaku dan sakit sehingga sulit untuk berjalan dan bergerak. Kira-kira dok penyakit apa pada diri saya? Apakah baiknya saya konsultasi dan memeriksakan diri k dokter ahli tulang, dok? Jazaakillaah khairan (Endang, tinggi 155 cm, berat 55 kg)

Jawab :

Wa’alaikumussalam. Berdasar keluhan yang Ibu utarakan, memang problemnya terletak di persendian. Ketika terjadi masalah di persendian, maka biasanya menimbulkan gejala berupa kaku di pagi hari, sukar bergerak, nyeri sendi, bengkak sendi dan semacamnya. Terdapat banyak jenis penyakit yang menimbulkan masalah ke persendian dan untuk mengetahui jenis yang mana diperlukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium atau rontgen. Saran saya datanglah ke dokter spesialis penyakit dalam bagian rematologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dijawab oleh : dr. Firandi Saputra

Bagi kaum muslimin yang ingin konsultasi kesehatan gratis bisa kirim pertanyaan di sini. (Kami usahakan jawaban pertanyaan dipublish setiap hari Rabu dan Ahad)

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

About Author

Leave a Reply