Nyeri Kaki akibat Diabetes

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

assalaamu’alaikum. Dok ibu saya berumur 50an 3 bulan yg lalu msk RS analisanya gejala diabet gula darahnya 250 seminggu yg lalu msk lg RS gula darahnya 130 cuma utk terakhir diagnosa kt dok RS asam lambungnya tinggi dan paling susah untk makan tp sekarang makan sedikit2 dah mulai lancar cuma sekarang mengalami sakit kaki yang teramat sangat dari seluruh kaki kedua2nya sampai kadang2 kalo dah terasa sampai nangis2….kira2 itu gejala penyakit apa dan apa yang harusnya kami lakukan saat ini?

Jawab:

Wa’alaikumsalam.

      Nyeri kaki dapat bermacam-macam penyebabnya. Bisa dari otot, tulang, saraf, gangguan aliran darah atau sendi. Pengobatannya tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

      Untuk mendiagnosis penyakit penyebab sakit kaki perlu wawancara dan pemeriksaan lebih lanjut. Perlu ditanyakan apakah Sering mengangkat beban berat? Sejak kapan didiagnosis sakit diabetes dan lain sebagainya.

      Dari gejala dan hasil lab yang Bapak sampaikan kemungkinan besar Bapak mengalami neuropati DM. Neuropati DM adalah gangguan fungsi saraf dikarenakan penyakit DM (Diabetes Melitus). Penyakit DM dapat menyebabkan gangguan aliran pembuluh darah. Dalam kasus ini aliran darah yang terganggu adalah di daerah kaki. Dengan berkurangnya aliran darah maka berkurang pula asupan nutrisi dan oksigen, hal inilah yang menyebabkan nyeri.

      Nyeri akibat neuropati DM dapat berkurang dengan analgesik(anti nyeri). Biasanya  juga diberikan vitamin untuk saraf dan yang tidak kalah pentingnya adalah pengendalian kadar gula darah. Pada kasus-kasus tertentu perlu dilakukan tindakan bedah untuk melancarkan aliran darah di kaki.

Saran kami silakan kontrol kembali ke RS yang pernah merawat Ibu saudara agar dapat ditentukan dengan tepat penyakit dan pengobatan yang sesuai dengan penyakitnya.

Dijawab oleh: dr. Muhammad Zulfahmi Akbar

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.