Nyeri Perut Bagian Kanan

Tanya :

Dua hari belakangan saya merasakan nyeri di perut di sebelah atas (kanan,tengah,kiri).. Hal ini terjadi setelah sebelumnya saya sempat masuk angin (mencret dan demam) yang sembuh dengan minum obat pusing dan mencret serta beristirahat. Apakah yang menyebabkan nyeri di perut ini? dan bagaimana mengatasinya? apabila perlu konsultasi ke dokter, ke dokter apa? Terimakasih (Zuhdi)

Jawab :

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan kepada kami. Nyeri perut yang Anda alami setelah sebelumnya mengalami gangguan pencernaan berupa mencret dan demam (yang Anda istilahkan dengan masuk angin) biasa terjadi karena ada gerakan angin yang berlebihan di dalam perut atau istilah medisnya “meteorismus”. Untuk mengurangi nyeri perut yang timbul akibat gas tersebut, dokter biasanya akan meresepkan obat yang berfungsi menyerap kelebihan gas, yaitu obat yang mengandung dimethylpolysiloxane. Untuk sementara, hindari dulu makanan dan minuman yang mengandung gas (sawi putih, kubis, putih telur, soda). Anda juga bisa mengonsumsi jahe karena jahe mengandung zat yang terbukti bisa menyerap kelebihan gas dalam saluran cerna. Demikian penjelasan dari kami, semoga bisa membantu.

Dijawab oleh : dr. Avie Andriyani

Bagi kaum muslimin yang ingin konsultasi kesehatan gratis bisa kirim pertanyaan di sini.

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

About Author

dr. Avie Andriyani

Alumni Fakultas Kedokteran UGM. Saat ini aktif menulis berbagai artikel kesehatan. Di antara tulisan yang sudah dibukukan adalah buku Panduan Kesehatan Wanita

View all posts by dr. Avie Andriyani »

Leave a Reply