Nyeri Pinggang di Usia Muda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

pertanyaan:

Assalamualaikum dok, saya ahmad usia 20 tahun, saya ada masalah dengan pinggang bawah saya sebelah kiri, sakit itu muncul saat saya bangun tidur, kalo jalan suka sakit itu sampe paha dan betis…. kira kira kenapa ya dok? lalu penanganannya seperti apa yah?

jawaban:

Wa’alaikumussalam.

Ada beberapa hal yg dapat menyebabkan sakit pinggang diantaranya adalah gangguan pada saraf , otot dan tulang di dareah pinggang dan sekitarnya. Selain itu bisa juga dari organ2 dalam di sekitar pinggang spt ginjal, usus, organ reproduksi pada wanita, kantung empedu.
Untuk dapat menentukan penyebab dari nyeri pinggang yang anda alami dibutuhkan informasi lebih lanjut tentang aktivitas/ pekerjaan anda sehari hari, apakah sering melakukan pekerjaan mengangkat, bagaimana kebiasaanduduk dan tidur anda , serta gejala penyerta yang anda rasakan. Selain itu perlu diketahui bagaimana jenis nyerinya apakah seperti tertusuk atau menjalar, hilang timbul atau terus menerus. Apakah disertai kesemutan satu sisi dari paha sampai telapak kaki, apakah ada gangguan dari buang air kecil dan buang air besar , dan demam, pernahkah mengalami trauma/ kecelakaan.
Jika nyeri yg anda rasakan berupa nyeri pinggang kiri bawah menjalar ke paha dan betis saja tanpa gejala2 lain seperti yg disebutkan di atas maka kemungkinan permasalahan ada pada saraf, otot, atau tulang di sekitar pinggang. Gangguan yg sering ditemui dokter di tempat praktek adalah ischialgia yaitu sensasi nyeri yang menjalar sepanjang tungkai dari daerah pinggang bawah/bokong sampai telapak kaki yang diakibatkan oleh terganggunya nervus ischiadikus yang mempersarafi area tersebut.

Nyeri pinggang yang anda rasakan bisa pula berhubungan dengan pekerjaan/ aktivitas anda sehari2, posisi tidur, posisi duduk yang tidak ergonomis( tidak sesuai dg bentuk anatomi tubuh)
Untuk mengetahui lebih jelas dan pasti keluhan yang anda derita sebaiknya anda periksa dan berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter agar bisa digali lebih lanjut penyebab sakit pinggang yang anda rasakan dan mendapatkan terapi yang tepat.
Sementara itu jagalah pola makan yang baik,minum air yang cukup serta benahi posisi tubuh anda saat beraktivitas scr ergonomis seperti jika ingin mengangkat barang biasakan dimulai dengan posisi jongkok terlebih dahulu baru berdiri, saat bekerja dlm posisi duduk menggunakan kursi yg melengkung di belakang seperti bentuk tulang belakang kita, tidur di kasur yg datar. Semoga nyeri pinggang ada dpt berkurang.

 

dijawab oleh: dr. Yuni Srihastuti (Alumni Fakultas Kedokteran UGM)

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

jika ingin konsultasi gratis, silahkan kirim pertanyaan di sini

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.