Pantat Gatal, Gejala Cacingan

/ Oleh / Info Penyakit / No comments

Jika Anda merasa gatal di daerah anus, bisa jadi itu merupakan gejala dari cacingan. Cacing penyebabnya adalah cacing kremi atau dalam dunia medis dikenal dengan Enterobius Vermicularis. Cacing kremi sama seperti cacing lainnya bersifat menginfeksi saluran pencernaan manusia. Uniknya, cacing kremi yang tumbuh dewasa dalam saluran pencernaan akan menetaskan telurnya di daerah sekitar anus. Saat telur cacing kremi banyak di daerah sekitar anus ini, tubuh Anda akan memproteksi tubuh dan muncullah rasa gatal.

Infeksi cacing kremi sangat sering terjadi pada anak-anak. Hal ini disebabkan anak-anak lebih cenderung bermain di tempat yang kurang bersih. Ketika cacing masuk ke dalam mulut melalui tangan atau jari kuku yang ada cacingnya, maka cacing kremi masuk ke dalam saluran pencernaan dan tumbuh besar di dalamnya. Cacing dewasa akan menunggu malam hari untuk menetaskan telurnya.  Itu lah alasannya rasa gatal lebih dirasakan pada malam hari saat tidur.

Karena ukurannya yang kecil, pada anak-anak cacing kremi juga dapat menjadi penyebab infeksi pada vagina dan saluran kemih. Anak yang merasa gatal di anus akan menggaruknya, sehingga telur akan terbawa kemana-mana, salah satunya telur bisa menempel pada dinding kelamin anak. Orang tua harus cermat mendeteksi gejala ini pada anak, biasanya mulainya kebiasaan anak sering menggaruk-garuk pantatnya.

Cacing kremi jarang menyebabkan gejala pada tubuh secara luas. Infeksi lebih bersifat lokal dan ringan. Namun rasa gatal tersebut tentu akan sangat mengganggu kualitas hidup sehari-hari. Apa yang harus diperhatikan jika terinfeksi?

1. Periksakan ke dokter

  • Untuk mengetahui secara pasti ada atau tidaknya infeksi cacing kremi sangat mudah. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan mikroskop dengan mengambil telur cacing dari daerah anus (anal swab). Jika terlihat cacing, maka positif infeksi cacing kremi (enterobiasis). Minumlah obat secara teratur dari dokter.

 

2. Gunakan sarung tangan

  • Saat akan tidur, kenakanlah sarung tangan. Sarung tangan akan melindungi tangan dan kuku jari anda dari terkontaminasi telur cacing yang tidak sengaja digaruk pada malam hari saat tidur.

 

3. Jaga kebersihan

  • Cucilah sprei alas tempat tidur dan pakaian dalam yang dikenakan dengan bersih. Jangan bergonta ganti handuk atau pakaian dengan orang lain. Potong kuku dan rajin mencuci tangan setiap kali akan makan. Hindari anak bermain di tempat yang kurang bersih.

Selama telur cacing kremi masih banyak di daerah sekitar anus, maka Anda masih akan merasa gatal hingga telur tersebut musnah. Semoga bermanfaat.

Penulis : Abdiyat Sakrie (Dokter muda FK UGM)

About Author

Leave a Reply