Penanganan Awal dan Sederhana Demam Pada Anak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
  1. Baringkan anak pada tempat tidur dan tenangkan.
  2. Ukur suhu / derajat panas pada anak dengan menggunakan termometer air raksa / termometer digital yang ditempelkan pada ketiak anak, tunggu sekitar 1 – 2 menit untuk mengetahui hasilnya.
  3. Jika hasilnya dibawah 38,5 derajat celcius, bukalah baju/pakaian atas yang dikenakan anak.
  4. Matikan AC atau kipas angin yang sedang menyala, tutup jendela kamar/ruangan. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin.
  5. Dapat diberikan obat penurun panas seperti parasetamol sesuai dosis yang tertera dalam kemasan obat atau anjuran dokter.
  6. Tunggu sekitar 30 – 1 jam, dan ukur kembali suhu panas pada anak.
  7. Sambil menunggu, orang tua dapat melakukan ruqyah dengan membacakan surat Al Fatihah, surat Al Ikhlas, surat Al Falaq, dan surat An Naas serta berdoa kepada Allah meminta kesembuhan untuk anaknya. Seperti doa Rasulullah berikut:

Bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mendoakan sebagian keluarga beliau (yang sedang sakit). Beliau mengusapnya dengan tangan kanan beliau dan membaca,

الَلُّھَّمَ رَبَّ النَّاسِ أَذْھِبِ اْلبَأْسَ وَاشْفِھِ وَأنَْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ یُغَادِرُ سَقَمًا

“Ya Allah Rabb sekalian manusia, hilangkanlah penyakit, sembuhkanlah, Engkaulah yang menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan penyakit.” (H.R Bukhari dan Muslim)

  1. Jika tidak ada perubahan suhu pada anak, dapat dilakukan pengompresan dengan menggunakan kain bersih yang direndam pada air biasa (tidak dingin dan tidak panas) kemudian diperas dan ditempelkan di kening anak. Ulangi pengompresan setiap 3-5 menit.
  2. Ukur kembali suhu pada anak.
  3. Jika hasilnya diatas 38,5 derajat celcius (hasil pengukuran setelah poin 2), lepas seluruh pakaian yang dikenakan anak termasuk sarung tangan dan kaos kaki secara bertahap.
  4. Matikan AC atau kipas angin yang sedang menyala, tutup jendela kamar/ruangan. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin.
  5. Berikan obat penurun panas seperti parasetamol sesuai dosis yang tertera dalam kemasan obat atau anjuran dokter
  6. Lakukan pengompresan dengan menggunakan kain bersih yang direndam pada air biasa (tidak dingin dan tidak panas) kemudian diperas dan ditempelkan di kening, leher bagian depan, ketiak kanan – kiri, perut (pusat), selangkangan kanan-kiri anak. Ulangi pengompresan setiap 3-5 menit selama 30 menit.
  7. Ukur kembali suhu panas pada anak.
  8. Sambil menunggu, orang tua dapat berdoa kepada Allah meminta kesembuhan untuk anaknya seperti poin 7.
  9. Anak dapat diberikan minum air bening.
  10. Jika setelah 1 jam penanganan tersebut telah dilakukan namun demam pada anak belum menurun, segeralah untuk mengunjungi dokter terdekat untuk pemeriksaan dan penanganan selanjutnya.

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.