Pengobatan Hipertiroid

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum . Saya punya seorang istri yg saat ini berusia 31 tahun, kurang lebih sekitar 1 tahun yang lalu mengidap hypertiroid, dari hasil pemeriksaan laboratorim, TSH-nya rendah (0.008mg) dan T3, T4-nya sangat tinggi, sudah berobat rutin ke dokter sekarang 6 bulan, dengan diberi obat berupa tyroksol, propanolol, karena tidak ada perubahan, dokter memberinya PTU, sebagai ganti tryroksol dan hasil laboratoriumnya menunjukan TSH-nya masih saja rendah. Mohon informasinya, bagaimana pengobatan hipertiroid yang tepat agar penyembuhanya membuahkan hasil, karena saat ini pada leher istri saya sudah ada nodul yang terlihat, apakah penyakit ini bisa disembuhkan tanpa operasi? atas segala jawabnya saya ucapkan terima kasih. Wassalammu’alaikum.

Jawab :

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Agar pengobatan hipertiroid efektif, maka pemilihan terapinya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu, dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan penunjang sebelum menentukan terapi yang tepat. Anda tidak perlu khawatir karena pengobatan hipertiroid dengan pembedahan sangat jarang dilakukan. Indikasi utama untuk melakukan tindakan pembedahan adalah mereka yang berusia muda dan gagal atau alergi terhadap obat-obat antitiroid. Tindakan pembedahan berupa tiroidektomi subtotal juga dianjurkan pada penderita dengan keadaaan yang tidak mungkin diberi pengobatan dengan yodium radioaktif I131 (wanita hamil atau yang merencanakan kehamilan dalam waktu dekat). Indikasi lain adalah mereka yang sulit dievaluasi pengobatannya, penderita yang keteraturannya minum obat tidak terjamin atau mereka dengan struma yang sangat besar dan mereka yang ingin cepat eutiroid atau bila strumanya diduga mengalami keganasan, dan alasan kosmetik (penampilan).

Hendaknya anda dan istri bersabar dan terus melakukan pengobatan karena pada beberapa kasus hipertiroid, baru membaik setelah dilakukan terapi yang cukup lama hingga 12 sampai 24 bulan. Kemunculan nodul harus selalu dilaporkan ke dokter untuk dilakukan observasi dan pemeriksaan lebih lanjut jika diperlukan. Kalaupun kondisinya sudah membaik tetap disarankan untuk kontrol berkala karena bisa terjadi rekurensi (kekambuhan).

Selain pengobatan utama dari dokter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita hipertiroid yaitu :

  • Harus selalu cukup istirahat. Hal ini diperlukan agar hipermetabolisme pada penderita tidak makin meningkat. Penderita dianjurkan tidak melakukan pekerjaan yang melelahkan atau mengganggu pikiran balk di rumah atau di tempat bekerja.
  • Memperhatikan pola makan, yaitu harus tinggi kalori, protein, multivitamin serta mineral. Hal ini untuk mengatasi kondisi terjadinya peningkatan metabolisme pada penderita hipertiroid, adanya keseimbangan nitrogen yang negatif dan keseimbangan kalsium yang negatif.
  • Diperlukan manajemen emosi dan psikologis yang baik karena biasanya penderita hipertiroid juga mengalami kecemasan.
  • Pada kondisi eksoftalmus (bola mata menonjol keluar) dianjurkan untuk istirahat berbaring terlentang dengan kepala lebih tinggi. Selain itu, untuk mencegah mata tidak kering bisa dengan penggunaan salep mata atau larutan metil selulose 5% dan dianjurkan untuk menghindari iritasi mata dengan kacamata.

Dijawab oleh : dr. Avie Andriyani

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

dr. Avie Andriyani

Alumni Fakultas Kedokteran UGM. Saat ini aktif menulis berbagai artikel kesehatan. Di antara tulisan yang sudah dibukukan adalah buku Panduan Kesehatan Wanita

View all posts by dr. Avie Andriyani »

Leave a Reply