Pengobatan Kanker Prostat Hanya Operasi saja?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pertanyaan:

Bismillah…saya ingin menanyakan apakah kanker prostat hanya bs sembuh dg jalan operasi? Apakah ada altrnatif lain untuk menyembuhkannya? Ayah saya mnderita kanker prostat kr2 6blan,dg gejala perih ketika buang air kecil,dan sakit pd bagian perut, Dulu pernah berobat k dokter d sarankan tuk operasi,tpi krn keterbatasan biaya dan dr ayah saya sendiri takut tuk operasi. Mohon bantuannya. Jazakallah……

Jawaban:

Perlu diketahui sebelumnya bahwa tidak semua pembesaran prostat adalah kanker prostat. Pada pria usia 50 tahun ke atas pembesaran prostat adalah sesuatu yang wajar karena seiring pertambahan umur dan juga adanya pengaruh hormon testosteron maka ukuran prostat juga akan membesar. Untuk menentukan apakah pembesaran tersebut normal sesuai umur atau tidak maka perlu dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan yg pertama dapat dilakukan dengan mudah dan murah adalah dengan usg. Selain itu dokter juga melakukan pemeriksaan dengan jari melalui dubur. Jika ukurannya lebih besar tiidak sesuai dengan umur kemungkinan prostat mengalami pembesaran yang biasa disebut dengan bening prostat hiperplasi (pembesaran prostat jinak).

Beberapa gejala BPH adalah kencing tidak lampias, pancaran kencing melemah,kencing dengan mengejan, kencing menetes bisa pula kencing tidak keluar(retensi urin) dan kecing berdarah. Untuk BPH masih bisa dilakukan terapi dengan pengobatan hormonal melalui obat2an oral. Akan tetapi beberapa kondisi memerlukan terapi dengan operasi yaitu bilamana terjadi retensi urin berulang, krncing darah, penurunan fungsi ginjal, infeksi saluran kencing berulang, dan adanya batu saluran kencing.

Untuk memastikan pembesaran prostat apakah termasuk BPH atau kanker maka akan dilakukan pemeriksaan kadar PSA dan biopsi( pengambilan sedikit jaringan ) prostat untuk memeriksa apakah terdapat sel2 ganas. Untuk terapi kanker prostat bisa dengan radiasi, kemoterapi, operasi, hormonal disesuaikan kondisi tiap pasien yang berbeda beda satu dengan yang lainnya. Untuk dapat mengetahui kondisi yang jelas dan pengobatan yang tepat untuk bapak anda maka bapak bisa berkonsultasi dengan dokter yang menangani bapak anda. Untuk masalah yang berhubungan dengan ketidakmampuan biaya pengobatan,jika benar tidak mampu beberapa pendapat memperbolehkan untuk mendaftar BPJS untuk mendapatkan bantuan biaya pengobatan.

Wallahu a’lam

 

dijawab oleh: dr. Yuni Srihasti (Alumni FK UGM)

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

jika ingin konsultasi gratis, silahkan kirim pertanyaan di sini

 

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.