Penyakit Maag Kronis

Tanya :

Saya kena penyakit maag kronis (GERD), sudah berobat ke beberapa dokter dan juga minum kunyit sehari sekali. Obat yg diberikan dokter semua sejenis, seperti omeprazole,braxidin dan obat. Saya  sudah menderita maag ini kurang lebih delapan bulan. Kadang-kadang kalau asam lambung lagi naik jadi sesak nafas. Hal ini mengganggu aktivitas saya sebagai seorang pegawai yang sering bepergian keluar kota. Pertanyaan saya :

1).  Apakah saya harus berikhtiar lagi/berobat ke dokter yang lain?

2).  Adakah pengobatan secara syar’i yang sesuai sunnah?

3). Bagaimana menghilangkan kecemasan akibat penyakit tersebut? Karena kalau sudah kambuh dada jadi sesak,dan kadang badan lemes dan kepal pusing.

(Djumartono)

Jawab :

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan kepada kami.  Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda :

1)  Mengenai pergantian dokter, maka ini adalah hak pasien utk meminta second opinion dari dokter lain jika tidak puas dengan pengobatan dari seorang dokter.  Namun, kami menyarankan untuk menyelesaikan pengobatan hingga tuntas dan tidak terburu-buru berganti-ganti dokter.  Untuk diagnosis GERD, maka yang paling tepat ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam (internis).

2) Pengobatan syar’i sesuai sunnah tentunya bisa Anda kerjakan sendiri, yaitu dengan membaca do’a dan dzikir yang memang dituntunkan ketika melakukan ruqyah syar’iyyah. Adapun bacaannya bisa merujuk pada buku-buku/kitab-kitab yang saat ini banyak menulis tentang hal tersebut. Salah satu yang bisa kami rekomendasikan adalah buku yang ditulis oleh ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawaz.

3) Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi kecemasan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah dan memasrahkan semua hanya kepadaNya. Kita harus meyakini bahwa setiap hal (termasuk penyakit) yang menimpa diri kita adalah takdir dari Allah dan hendaknya kita bersabar dalam menghadapinya. Jika Anda merasa kecemasan yang Anda alami sangat berlebihan, maka kami sarankan untuk menemui dokter untuk melakukan konseling bagi permasalahan Anda.

 Dijawab oleh : dr. Avie Andriyani

Bagi kaum muslimin yang ingin konsultasi kesehatan gratis bisa kirim pertanyaan di sini. (Kami usahakan jawaban pertanyaan dipublish setiap hari Rabu dan Ahad)

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

About Author

dr. Avie Andriyani

Alumni Fakultas Kedokteran UGM. Saat ini aktif menulis berbagai artikel kesehatan. Di antara tulisan yang sudah dibukukan adalah buku Panduan Kesehatan Wanita

View all posts by dr. Avie Andriyani »

Leave a Reply